Masuk

Arkeolog Temukan Makam Mona Lisa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Beberapa arkeolog yang melakukan penggalian di biara Saint Ursula di kota Florence, Italia, menemukan makam berisi kerangka manusia yang diduga kerangka Lisa Gherardini, perempuan dalam lukisan berjudul "Mona Lisa" karya Leonardo Da Vinci yang terkenal.

"Ini mengonfirmasi hipotesis kami bahwa di biara St Ursula masih ada tulang manusia dan kami tidak bisa menafikan bahwa diantaranya ada tulang Lisa Gherardini," kata arkeolog Silvano Vinceti seperti dikutip the Daily Mail.

Para peneliti berencana melakukan tes DNA dari kerangka tulang anak-anak Gherardini yang disebut juga dimakamkan tak jauh dari pemakaman Gerardini.

Selanjutnya mereka akan merekonstruksi kembali perwajahan kerangka yang ditemukan dengan bantuan ahli forensik untuk melihat persamaan kerangka tersebut dengan perempuan yang ada di lukisan Mona Lisa yang kini dipamerkan di Musee du Louvre di Paris.

Para ilmuwan yakin Lisa Gherardini meninggal dunia tahun 1542 dan dimakamkan di biara Florentine.

"Mona Lisa"  atau La Gioconda (La Joconde) adalah lukisan minyak pada kayu poplar yang dibuat Leonardo da Vinci pada abad ke-16.

Lukisan perempuan yang tatapannya menuju ke pengunjung dengan ekspresi yang dianggap misterius itu merupakan salah satu karya lukis paling terkenal dan banyak diteliti.

Judul lukisan "Mona Lisa" beradal dari biografi Giorgio Basari tentang Leonardo da Vinci. Dalam bukunya Vasari menyebutkan bahwa perempuan dalam lukisan itu adalah seorang pengusaha Firenze kaya bernama Francesco del Giocondo.

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/07/19/m7ecdn-arkeolog-temukan-makam-mona-lisa

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.