Masuk

Penerjun Incar Rekor Terjun dari Ketinggian 36 Km

REPUBLIKA.CO.ID, NEW MEXICO -- Seorang penerjun berani mati dari Austria melompat dari balon yang melayang pada ketinggian lebih dari 29 kilometer dari permukaan tanah, Rabu (25/7). Ia jatuh dengan kecepatan sampai 805 kilometer per jam dalam latihan untuk menciptakan rekor terjun tertinggi di dunia.

Felix Baumgartner mendarat dengan selamat di satu gurun di dekat Roswell, New Mexico, setelah melompat dari ketinggian sekitar 29,547 kilometer. Dia mengenakan pakaian antariksa tahan tekanan yang dilengkapi pemasok oksigen.

Ujicoba terjun payung tersebut adalah yang kedua bagi Baumgartner, yang berusaha menyelesaikan pemecahan rekor terjun dari ketinggian 36,576 kilometer dalam beberapa pekan mendatang. Ia juga berharap bisa menjadi orang pertama yang memecahkan rekor kecepatan suara 1.126 kilometer per jam dalam terjun bebas.

"Cuma satu langkah lagi," kata Baumgartner di dalam satu pernyataan sebagaimana dikutip Reuters yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis (26/7).

Rekor terjun bebas paling tinggi saat ini adalah 31,333 kilometer, yang diciptakan 52 tahun lalu oleh seorang Kapten Angkatan Udara AS Joe Kittinger yang kini menjadi penasehat bagi Baumgartner. Baumgartner (43 tahun), mantan anggota militer Austria, telah melompat dari dua bangunan tertinggi di dunia, Menara Petronas (Malaysia) dan Taipei 101 (Taiwan).

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/07/26/m7rb8i-penerjun-incar-rekor-terjun-dari-ketinggian-36-km

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.