Masuk

Motor Ini Berbahan Bakar Kotoran Hewan

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Selain kendaraan bermotor bertenaga listrik dan bertenaga matahari, kini ada sebuah sepeda motor berbahan bakar tinja, demi mengantisipasi kelangkaan bahan bakar minyak di masa mendatang. Inovasi terbaru itu dibuat produsen toilet, Toto. Pabrik asal Jepang itu meluncurkan sebuah sepeda motor roda tiga yang menggunakan bahan bakar kotoran hewan.

Desain motor ini tergolong unik. Selain beroda tiga, tempat duduk pengendara juga berwujud toilet plus tempat tisu raksasa di belangnya. Juru bicara Toto, Kenji Fujita, menyatakan rancangan sepeda motor itu variasi.

"Bahan bakar sepeda motor kami bukan berasal dari sang pengendara, melainkan kotoran hewan," imbuhnya seperti dinukil dari asiaone, Jumat (31/8).

Sepeda motor itu bisa melaju 60 kilometer per jam. Dan bila tangki diisi penuh kotoran hewan, sepeda motor ini dapat menempuh jarak 300 kilometer.

Meski terbilang 'ajaib', ratusan orang menyaksikan peluncuran sepeda motor di Kantor Toto yang terletak di Tokyo. Tak sedikit yang berebut ingin mengabadikan gambar sepeda motor inovatif tersebut, dan banyak yang ingin menjajal mengendarai sepeda motor pertama di dunia yang sepenuhnya menggunakan energi biogas.

Kenji Fujita menyatakan, sepeda motor ramah lingkungan ini masih belum diberi nama. Tujuan Toto membuat kendaraan ini adalah sebagai kampanye pengurangan bahan bakar fosil dengan energi terbarukan. Toto berencana memperjualbelikan motor berbahan bakar tinja buatan mereka.

http://www.republika.co.id/berita/senggang/unik/12/09/03/m9r1cr-motor-ini-berbahan-bakar-kotoran-hewan

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.