Masuk

Cara Asyik Menikmati Macet

Buat kamu yang berdomisili di daerah padat, kemacetan sudah jadi menu wajib yang tak pernah absen dari agenda harian. Apalagi yang namanya macet di hari Senin, bisa membuat semangat turun. Tapi dari pada marah-marah enggak jelas dan menghabiskan energi, ada beberapa cara yang bisa bikin kita lebih enjoy menghadapi macet.

Berikut ini beberapa contohnya:

1. Say hi!
Kalau kamu naik kendaraan umum, dan keadaan memungkinkan, tak ada salahnya mencoba menyapa orang yang duduk di sebelah kamu dan bersosialisasi. Siapa tahu bisa membuka wawasan tentang hal baru.

2. Update status di social media
Ini salah satu hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu bisa update status soal kemacetan di jejaring sosial. Dari status tersebut siapa tahu kamu bisa mendapatkan atau membagi informasi soal lalu lintas pada orang lain.

3. Mendengarkan radio
Mendengarkan radio lebih efektif meredakan stres dibanding memutar koleksi playlist kamu karena penyiar juga bisa menghibur kamu dengan banyolan kocak atau juga informasi seputar macet yang sedang terjadi di daerah kamu.

4. Menyanyi diiringi lagu favorit
Bernyanyi bisa membantu meredakan stres. Jadi buat kamu yang kebetulan bawa mobil pribadi, kamu bisa mengalihkan stres karena macet dengan bernyanyi sepuasnya mengiringi lagu favoritmu.

5. Latih persiapan kerja
Waktu macet yang cukup panjang bisa kamu gunakan sebagai waktu belajar, melatih presentasi atau mempelajari tugas kantor yang penting. Terlebih untuk pengendara mobil pribadi, kamu bisa leluasa melatih bahasa tubuh untuk presentasi agar nanti pada waktunya kamu sudah siap dan penuh percaya diri.

6. Baca buku
Kalau selama ini kamu suka mengeluh karena enggak punya waktu untuk baca, kamu bisa manfaatkan waktu macet untuk meneruskan bacaan favorit kamu. Apalagi kini berbagai novel dan buku sudah bisa diunduh di ponsel atau tablet. Tapi ingat, buat yang menyetir kendaraan pribadi, jangan keasyikan baca sampai konsentrasi kamu untuk menyetir malah terganggu dan bisa mencelakakan diri kamu dan juga orang lain.

7. Belajar bahasa baru
Hanya karena jalanan macet, bukan berarti otak juga ikut macet. Kamu bisa mengunduh program belajar bahasa melalui audio di perangkat pintar kamu. Mendengarkan bahasa baru lewat audio akan lebih efektif karena bisa diulang-ulang agar lebih fasih.

8. Stretching
Melakukan stretching saat macet juga bisa meredakan jenuh stress. Stretching bisa menghilangkan pegal dan melemaskan otot tubuh. Jadi coba lakukan stretching yang sederhana saja saat mobil dalam keadaan berhenti.

9. Refleksi diri
Daripada frustasi karena terjebak macet, lebih baik gunakan waktu untuk memikirkan kembali apa saja yang sudah kamu lakukan pada hari itu dan membuat rencana yang lebih baik untuk hari berikutnya.

10. Istirahatkan mata
Kalau enggak bisa tertidur sebentar, kamu bisa melakukan "olahraga" mata dan menghilangkan kelelahan mata. Caranya mudah, kamu cuma perlu mengikuti aturan 20/20/20. Fokuslah pada sebuah objek setidaknya sejauh 20 kaki (enam meter), selama 20 menit setiap 20 menit sekali. Selain itu, istirahatkan mata dengan cara meletakkan ponsel.

Nah, kalau sudah tahu cara enjoy menikmati kemacetan, dijamin kamu tidak akan lagi merasakan "bete maksimal" begitu sampai di tempat tujuan!

http://www.andriewongso.com/articles/details/14691/Cara-Asyik-Menikmati-Macet

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.