Masuk

Ada Jajanan Filipina Mirip Kue Talam dan Wajik di Acara ASEAN

MAMHTROSO.COM -- Sejumlah jajanan tradisional disajikan di tengah acara ASEAN Ministerial Meeting (AMM) di Manila, Filipina, Kamis (3/7/2017).

Salah satunya kutsinta -- merupakan jajanan khas Filipina yang memiliki bentuk mirip dengan kue basah khas Indonesia, yakni kue talam. Kedua kue tersebut, sama-sama berbentuk seperti mangkuk kecil dan dilengkapi dengan parutan kelapa di atasnya.

Bahan untuk membuat kutsinta, atau disebut (kuchinta), terbuat dari tepung beras dan juga gula merah -- sama dengan kue talam.

"Kuchinta terbuat dari tepung beras dan gula merah yang berasal dari kelapa," ujar salah satu chef di Conrad Manila Hotel.

Walaupun memiliki bentuk dan warna serupa, ada perbedaan dari kedua kue tersebut.

Meski sama-sama memiliki tekstur kenyal, tekstur kutsinta tidak sepadat kue talam. Rasanya pun lebih hambar, tidak semanis dan segurih kue talam, karena bahannya tak menggunakan santan kelapa.

Dari segi rasa, Kutsinta lebih mirip dengan ongol-ongol.

Makanan lain yang mirip dengan kue basah khas Indonesia adalah bibingka malagkit.

Dari segi warna, jajanan khas Filipina itu mirip seperti kue pancong. Namun, dari segi rasa, sangat mirip dengan wajik.

Bahan dasarnya pun sama, yakni ketan dan gula merah. Bedanya, ketan dan gula merah bibingka malagkit dipisah, sedangkan wajik dicampur.

"Bibingkat malagkit terbuat dari ketan yang di atasnya ditaburi gula merah atau disebut muscovado," kata salah satu chef yang bekerja di hotel tersebut.

http://global.liputan6.com/read/3045452/ada-jajanan-filipina-mirip-kue-talam-dan-wajik-di-acara-asean

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.