Masuk

Tiongkok Membangun Stadion Terbesar di Dunia

MAMHTROSO.COM -- Di tengah pandemi Covid-19 yang terjadi di seluruh dunia, dan juga kewaspadaan akan terjadinya gelombang kedua pandemi dari virus Corona, Tiongkok memulai pembangunan stadion terbesar di dunia.

Stadion bernama Guangzhou Evergrande ini dirancang akan memiliki 100.000 tempat duduk dan ditargetkan rampung pada 2022; untuk kemudian digunakan sebagai lokasi Piala Asia 2023, serta melancarkan upaya/ambisi Tiongkok menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Kapasitas stadion raksasa ini, jika sudah selesai dibangun, tentunya akan melampaui kapasitas stadion-stadion besar dan legendaris di Eropa: Camp Nou Barcelona/Spanyol (99.354 penonton), Wembley/Inggris (90.000 penonton), serta Signal Iduna Park/Jerman (81.365 penonton).

Pembangunanya sendiri diperkirakan menelan dana hingga 12 miliar yuan atau sekitar Rp 26,18 triliun.

 

Guangzhou Evergrande ini, dibangun dan dimiliki oleh Evergrande Group—perusahaan pengembang properti/real estate, yang didirikan oleh salah satu orang terkaya Tiongkok.

Presiden Evergrande Xia Haijun mengatakan, stadion yang megah ini dibangun dengan tujuan agar menjadi simbol kelas dunia layaknya Sydney Opera House di Australia maupun Burj Khalifa, gedung pencakar langit di Dubai, UEA.

“Dan juga simbol penting sepak bola Tiongkok yang menuju kelas dunia,” kata Xia, dalam acara peletakan batu pertama stadion tersebut (April 2020).

Xia juga menjelaskan, desain stadion ini terinspirasi dari bunga lotus/teratai yang berasal dari Guangzhou, Kota Bunga-nya Tiongkok. Desainnya sendiri, merupakan hasil karya seorang desainer Amerika Serikat yang berbasis di Shanghai, yakni Hasan Syed.

Nantinya, seluruh bangunan stadion akan mencakup 16 kamar pribadi VVIP, 152 kamar pribadi VIP, area untuk FIFA, area bagi atlet, dan ruang media. Juga untuk digunakan sebagai rumah bagi klub juara Liga Super China, Guangzhou Evergrande.

 

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.