Masuk

Kegiatan Siswa di Bulan Ramadan

Troso - Setelah dua hari sebelumnya diliburkan oleh pihak madrasah, kegiatan belajar-mengajar di MA Matholi'ul Huda Troso mulai aktif kembali sejak tadi pagi (24/08/09). KBM di bulan Ramadan tidak seperti pada bulan-bulan lainnya, terdapat perubahan jadwal pelajaran serta rangkaian kegiatannya, seperti misalnya pengurangan durasi jam pelajaran dari 40 menit menjadi 30 menit. Selain itu, kegiatan siswa lebih diarahkan pada mengisi bulan Ramadan dengan kegiatan-kegiatan kerohanian, seperti ceramah keagamaan serta tadarus al-Quran.

Kegiatan ceramah diisi oleh siswa MA Matholi'ul Huda Troso sendiri yang sebelumnya telah ditunjuk oleh madrasah . Pada penampilan perdana, Ella Izzatin Nada, siswa kelas XII IPA, mengangkat topik pembicaraan tentang hikmah puasa di bulan Ramadan. Menurut dia, Selain dapat membentuk jiwa manusia yang sabar dan toleran, puasa Ramadan juga dapat membentuk jiwa yang bisa dipercaya serta bertanggung jawab dengan penuh pengabdian kepada Allah.

Tadarus al-Quran dilaksanakan serentak, baik dari tingkat tsanawiyah maupun aliyah. Setiap tingkatan kelas diberi bagian lima juz. Kegiatan ini dilaksanakan secara bergiliran dengan ceramah keagamaan.

Lembar Kerja Ramadan

Sudah menjadi kebiasaan di MA Matholi'ul Huda Troso bahwa setiap bulan Ramadan, siswa diberikan Lembar Kerja Ramadan (LKR) yang berisi rangkaian kegiatan selama Ramadan. Kegiatan yang dimaksud adalah shalat Tarawih, Tadarus al-Quran, serta ceramah keagamaan. Pemberian tugas ini diharapkan dapat menambah semangat dan motivasi siswa untuk lebih meningkatkan amalan baik selama bulan Ramadan.

Fadloli - EMHA Pos

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 20:37

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.