Masuk

Komputerisasi Pembayaran Siswa

Troso - Sejak Senin (24/08/09) kemarin, sistem pembayaran administrasi siswa di MA Matholi'ul Huda Troso akan semakin dipermudah dengan pemakaian sistem komputerisasi. Pemakaian sistem ini diharapkan akan dapat memperkecil kesalahan-kesalahan yang terjadi pada pencatatan secara manual. 

Sistem komputerisasi ini mencakup seluruh pembayaran, yang meliputi pembayaran SPP, OSIS, Pramuka, Komputer, Midsemester, Semester, Raport, dan Ujian Nasional. Minus SPP, siswa yang melakukan transaksi pembayaran tersebut akan diberikan bukti pembayaran berupa struk/kuitansi. Khusus untuk pembayaran SPP, siswa akan diberi tanda bukti pembayaran pada kartu yang dimiliki oleh masing-masing siswa.

Menurut Musta'in, S.Sos.I, kepala Tata Usaha, mengatakan bahwa prosedur pembayaran juga terbilang mudah. "Siswa hanya perlu mengambil slip pembayaran untuk ditulisi jenis pembayarannya, setelah itu siswa tinggal menaruhnya di ruang bendahara untuk selanjutnya diinput ke dalam komputer," kata Mustain. Lebih lanjut, apabila tidak terjadi antrean yang panjang, maka siswa tidak harus melewati prosedur tersebut. "Jika tidak ramai, maka siswa bisa langsung melakukan transaksi tanpa mengisi slip terlebih dulu," lanjutnya.

Untuk menunjang kelancaran sistem tersebut, madrasah harus merogoh kocek cukup dalam untuk membeli software dan lisensinya dari sebuah perusahaan pembuat software di Jepara. Aplikasi tersebut dibanderol dengan harga Rp 1.500.000,-

Fadloli - EMHA Pos

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 20:37

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.