Masuk

Workshop Pengembangan Silabus dan PTK

Drs. H. Sudibyo, M.Pd. menyampaikan materi tentang Pengembangan Silabus, Selasa (10/08)Troso  – Masih dalam rangkaian kegiatan peningkatan kompetensi guru di lingkungan satuan pendidikan Matholi’ul Huda Troso, Selasa (10/08) ini digelar workshop Pengembangan Silabus dan Penelitian Tindakan Kelas yang disampaikan seorang pakar pendidikan dari Semarang, Drs. H. Sudibyo, M.Pd. yang bertempat di gedung serba guna MA Matholi’ul Huda Troso.

Dalam workshop ini, hadir sebagai keynote speaker Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara, Drs. H. Sholihin, M. M. Beliau memberikan pengantar sebelum pembicara utama menyampaikan materi. Dikatakan oleh Kakanmenag, ada 4 hal utama yang menjadi indikator keberhasilan suatu sistem pendidikan, yaitu: siswa belajar secara efektif, pendidik yang bermutu untuk semua, penjaminan mutu dalam semua aspek pendidikan, dan peningkatan mutu dalam sistem yang berkelanjutan.

 

Memasuki pada acara utama, pemateri memberikan refleksi seputar pendidikan yang ada di Indonesia. Refleksi ini dijadikan sebagai warming up (pemanasan) sebelum materi utama disampaikan. Pada sesi pertama, materi yang disampaikan adalah Pengembangan Silabus. Dengan penyampaian yang komunikatif, peserta yang berjumlah sekitar 80 orang pun banyak yang berantusias menanyakan hal-hal yang dirasa kurang paham.

Usai break time, workshop dilanjutkan pada sesi kedua yang mengambil bahasan utama Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pemberian contoh-contoh per kasus mempermudah pemahaman peserta seputar materi yang disampaikan.

Kegiatan workshop ini merupakan realisasi dari rangkaian kegiatan kontrak prestasi yang dipercayakan oleh pemerintah dalam hal ini kementerian agama kepada MA Matholi’ul Huda. Workshop ini menjadi kegiatan terakhir di bulan Agustus. Rencananya kegiatan akan dilanjutkan secara beruntun pada bulan September nanti. (aafadloli)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 20:07

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.