Masuk

Halal Bi Halal

Dengan penuh keceriaan yang mengembang, salah satu siswa MTs bersalaman dengan kakak kelasnya. Troso - Masih dalam suasana hari raya Idul Fitri, sekitar hampir seribu siswa MTs/MA Matholi'ul Huda Troso mengikuti kegiatan Halal bi Halal di hari pertama proses belajar mengajar (PBM), Ahad (19/09) usai libur selama hampir 2 minggu. Tidak seperti pada tahun-tahun sebelumnya, halal bi halal digelar di lapangan basket (halaman belakang madrasah) mengingat lokasi halaman depan madrasah sudah tidak mumpuni lagi untuk menampung siswa yang jumlahnya sekarang telah mencapai angkah mendekati seribu siswa itu dikarenakan proses pembangunan gedung baru di halaman sebelah barat.

Dengan sabar, ratusan siswa menunggu giliran bersalaman dengan guru mereka.

Dengan cuaca yang cukup bersahabat, acara halal bi halal didahului dengan tausiyah singkat oleh H. Musthofa Kamal. Dalam orasinya, beliau mengupas ciri-ciri orang yang bertakwa sebagai hikmah dari disyariatkannya puasa ramadan yang dinukil dari ayat alquran. Pertama, orang yang memiliki ketakwaan adalah orang yang mau menyedekahkan harta benda di kala ia sedang dalam keadaan sempit ataupun dalam keadaan berada. Kedua, menahan diri dari amarah, dan yang terakhir adalah memaafkan sesama manusia. Ciri yang terakhir, menurutnya, menjadi sebuah ruh diadakannya halal bi halal yang rutin diadakan pascalibur hari raya.
Tidak sedikit siswa yang lelah dan penat menunggu antrian untuk dapat bermusafahah dengan guru mereka.
Selang beberapa saat usai tausiyah, dilanjutkan musafahah seluruh siswa dengan dewan guru dengan penuh khidmat dan dibarengi dengan pembacaan shalawat nabi secara bersamaan. Ketika tiba giliran musafahah antarsiswa, suasana khidmat itu berangsur-angsur hilang berganti menjadi suasana penuh tawa dan senyum. Tidak bisa dimungkiri, setelah hampir dua minggu lamanya tidak bersua, mereka melampiaskan rasa rindu kepada sesamanya dengan dengan candaan dan gurauan namun tidak mengurangi nilai dari halal bi halal itu.

Sejam kemudian seluruh siswa telah merampungkan musafahah dan kembali ke kelas masing-masing untuk mengikuti proses belajar mengajar. aafadloli

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 20:04

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.