Masuk

Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran

Peserta pelatihan nampak serius mengikuti arahan dari pemateriTroso - MA Matholi'ul Huda Troso benar-benar "memanjakan" para pendidiknya dengan berbagai pelatihan pengembangan keilmuan, salah satu dari sekian banyak kegiatan tersebut adalah pelatihan pembuatan media pembelajaran yang diperuntukkan untuk para pendidik di satuan MTs dan MA Matholi'ul Huda Troso sejak Selasa (12/10) hingga Kamis (14/10) nanti.

Diadakannya pelatihan ini adalah untuk menjembatani derasnya perkembangan teknologi dan informasi yang menuntut para pendidik, khususnya di lingkungan MTs./MA Matholi'ul Huda Troso untuk lebih proaktif dalam memanfaatkan media berbasis teknologi informasi ke dalam proses pembelajaran. Para guru diharapkan setidak-tidaknya dapat membuat sebuah media pembelajaran sederhana dengan memanfaatkan beberapa aplikasi komputer yang cukup familiar, sebut saja Microsoft PowerPoint, Microsoft Word, dan Browsing.

Bapak Miftahul Huda, S. Pd. saat memraktikkan pembuatan trigger pada slide presentasi. Beberapa hari sebelum pelaksanaan pelatihan, MAMHTroso.com telah berhasil mendapatkan materi-materi apa saja yang akan disampaikan penatar, Miftahul Huda, S. Pd. selama kurun waktu 3 hari tersebut. Menurutnya ada tiga materi utama yang disampaikan selama pelatihan. Pada hari pertama, para peserta diajak "berkenalan" dengan sebuah aplikasi presentasi yang umum digunakan, yaitu Microsoft PowerPoint dan bagaimana cara memulai pembuatan media presentasi dengan software tersebut. Peserta juga dibimbing bagaimana mencari referensi untuk bahan presentasi melalui internet.

Di hari kedua, materi yang disampaikan lebih kompleks dari hari sebelumnya. pemateri yang juga alumnus dari pelatihan serupa di tingkat propinsi Jawa Tengah itu menyampaikan pemanfaatan trigger, salah satu fitur di dalam Microsoft PowerPoint yang memungkinkan si pembuat presentasi dapat membuat slide presentasi yang dapat dijadikan lembar evaluasi untuk murid dan bahkan dapat langsung menampilkan nilai pada akhir soal.

Adapun untuk kegiatan pada hari terakhir, pemateri mencoba mengenalkan sebuah aplikasi pengunduh secara otomatis untuk mempermudah pengunduhan video-video pembelajaran di website Youtube.com.

Pelatihan ini diselenggarakan dalam dua waktu, yaitu sore yang diperuntukkan guru wanita, dan malam hari khusus diperuntukkan guru laki-laki. - mamhtroso.com -

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 20:03

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.