Logo
Cetak halaman ini

Safety Riding Go to School (2)

Petugas mendemonstrasikan cara memakai helm yang benar sebelum mengendarai sepeda motorTroso - Ribuan pasang mata tertuju ke halaman MTs/MA Matholi'ul Huda Troso, pasalnya mereka ingin menyaksikan sebuah acara yang belum pernah ada di madrasah ini sebelumnya, yaitu  acara yang bertajuk Safety Riding Go to School , kemarin (05/01/2011). Banyak dari siswa yang rela berdiri di teras depan kelas atau di tempat yang tidak penghalangi oleh pepohonan agar mereka dapat menyaksikan dengan leluasa.

 

Acara outdoor tersebut dilaksanakan sekitar pukul 10.30 WIB setelah sebelumnya diadakan pemaparan peraturan tentang berlalu lintas di aula madrasah. Acara tersebut dikemas dengan bentuk yang cukup interaktif dan menarik karena selain dihibur oleh iringan musik dangdut live, para siswa juga diberi kesempatan untuk mencoba tes mengendarai kendaraan bermotor melewati rintangan seperti halnya saat ujian pembuatan SIM berlangsung.Tidak tanggung-tanggung, banyak sekali siswa yang ingin menguji  kemahirannya mengandarai sepeda motor.

Bambang Hariyanto saat mencoba melewati rintangan pada test ride. Dari lusinan kontestan, hanya dia lah yang mampu melewati rintangan dengan sempurna tanpa terjatuh.Banyaknya siswa yang mendaftarkan diri mengikuti test ride tersebut dikarenakan panitia menjanjikan apabila ada siswa yang berhasil melewati rintangan dengan baik, mereka akan mendapatkan hadiah yang menarik. Mereka akan mendapatkan SIM secara cuma-cuma bagi yang telah berhasil melewati rintangan dan telah memiliki KTP, dan bagi yang belum memiliki KTP, akan diberi hadiah dalam bentuk lain.

Namun sebelum kontes itu dimulai, salah satu anggota polantas Jepara mendemonstrasikan bagaimana cara mempersiapkan diri dan kendaraan sebelum melakukan perjalanan. Diperagakannya cara pemakaian helm yang benar, pengecekan oli mesin, kekencangan rantai, kekuatan ban, dan pengecekan-pengecekan yang lain. Setelah benar-benar siap, petugas itu menunjukkan kebolehannya melewati rintangan berjajar dengan mengendarai sepeda motor. Suara riuh tepuk tangan menggema saat petugas berhasil melewati setengah rintangan dan semakin bergema lagi saat petugas berhasil melewati rintangan dengan sempurna.

Kontestan juga diingatkan bahwa mereka tidak boleh menabrak rintangan atau tertumpu dengan salah satu kakinya. Apabila itu terjadi, maka mereka dianggap gagal. Satu per satu para kontestan dipanggil maju ke depan oleh seorang pembawa acara yang cukup kocak. Seorang siswa kelas XII IPA, Bambang Hariyanto berkesempatan menjadi kontestan pertama untuk mencoba test ride. Dengan keyakinan yang mantap, dia akhirnya mengikuti jejak petugas demonstrasi yang mampu melewati rintangan dengan sempurna. Tak pelak, tepuk tangan penonton tak henti-hentinya bergemuruh.

Dari puluhan kontestan yang mengikuti test ride, hanya Bambang-lah yang mampu menyelesaikan tes dengan sempurna. Atas prestasinya, dia mendapatkan hadiah sebuah helm dari panitia, sedangkan untuk juara kedua, diraih oleh siswa kelas XII IPS, Uswatun Hasanah dan berhak mendapatkan voucher.

Kegiatan Safety Riding Go to School telah memberikan hiburan tersendiri bagi siswa MTs maupun MA di sela-sela rutinitas proses belajar mengajar. (mamhtroso.com)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 19:57
Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.