Masuk

Studi Banding ke SMP/SMA Semesta

Kepala MA Matholi'ul Huda Troso berbincang-bincang dengan kepala SMP/SMA Semesta di ruang lobi Semarang - Upaya tak kenal lelah terus dilakukan oleh MA Matholi'ul Huda Troso untuk menjadikan mutu pendidikan yang ada di dalamnya semakin baik. Jumat kemarin (14/01/11) sebanyak 7 orang unsur pimpinan dari MTs maupun MA Matholi'ul Huda Troso mengadakan studi banding ke SMP/SMA Semesta Semarang. Alasan menjadikan sekolah bertaraf internasional ini sebagai tempat tujuan 'menimba ilmu' adalah karena SMP/SMA Semesta yang masih tergolong muda, namun sudah memiliki prestasi yang gemilang baik di tingkat nasional maupun di kancah internasional.

Tiba di lokasi kampus, rombongan MTs/MA Matholi'ul Huda Troso disambut oleh Seksi Humas SMP/SMA Semesta, Asep, kemudian diajak berkeliling melihat suasana pembelajaran di dalam kelas yang ditunjang dengan fasilitas multimedia yang lengkap serta ruang yang ber-AC. Selain nyaman, suasana di dalam kelas pun tak jauh berbeda dengan kelas-kelas yang berstandar internasional, yaitu menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam menyampaikan materi pelajaran, utamanya materi-materi pelajaran eksak, semisal Fisika, Biologi, Kimia, Matematika, dan Bahasa Inggris.

Rombongan dari MTs/MA Matholi'ul Huda Troso berpose dengan kepala SMP/SMA Semesta (3 dari kanan) dan General Manager (4 dari kiri)

Suasana pembelajaran di dalam kelas

Usai berkeliling melihat suasana pembelajaran di dalam kelas dan menyaksikan beberapa buah prestasi, baik medali, tropi maupun piagam penghargaan yang sengaja dipampangkan di ruang lobi, rombongan dipersilakan memasuki ruang auditorium untuk melakukan audiensi dengan kepala SMP/SMA Semesta, M. Haris, S. E.  Namun sebelum audiensi dimulai, rombongan terlebih dulu dipersilakan menyaksikan profil singkat tentang Association of Social and Economic Solidarity with Pacific Countries (PASIAD) Indonesia, sebuah organisasi kemitraan  bidang pendidikan antara Turki dengan negara-negara di Asia-Pasifik yang berpusat di Istanbul, Turki. Organisasi inilah yang membawahi SMP/SMA Semesta bekerjasama dengan Yayasan Alfirdaus. Tidak hanya di Semarang saja, Asosiasi Pasiad Indonesia juga telah berhasil mendirikan lembaga pendidikan baik tingkat SD, SMP maupun SMA di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Sragen, Bandung, Aceh, dan Depok.

Keberhasilan SMP/SMA Semesta, menurut kepala sekolahnya, disebabkan adanya beberapa faktor yang bersinergi. Faktor-faktor tersebut antara lain penggunaan metode pembelajaran yang efektif, seperti metode pembelajaran berbasis siswa, multimedia, berbasis kompetensi serta metode-metode yang lain.  Sistem pendidikan yang diterapkan di SMP/SMA Semesta lebih banyak mengadopsi dari sistem pendidikan yang diterapkan di negara-negara maju, seperti intensive class, moving class dan sistem yang lain.

Penyerahan cindera mataBanyak petuah dan kalimat-kalimat bijak yang disampaikan oleh M. Haris berkaitan dengan pengelolaan pendidikan. Yang paling menarik adalah adanya 4 karakter dalam diri manusia: tipe menang-menang yaitu tipe manusia yang selalu berorientasi keberhasilan dan kemenangan, namun ketika telah mendapatkan itu dia tetap menganggap rivalnya tidak kalah dan masih mampu menyamainya. Tipe kedua adalah menang-kalah yang diidentikkan dengan orang yang egois. Tipe ketiga adalah tipe manusia kalah-menang yang pesimistis, dan yang terakhir adalah tipe kalah-kalah yang sebenarnya dia menginginkan keberhasilan, namun ketika dia tidak mampu mencapainya dia berharap agar orang lain juga senasib dengannya. Masih menurut M. Haris, pilar utama suatu lembaga pendidikan  bisa bertahan hingga lama adalah dengan terus berusaha keras dan senantiasa berdoa. (mamhtroso.com)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 21 Januari 2011 22:28

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.