Masuk

Ratusan Siswa Ikuti Istigasah Akbar Jelang UN

Para siswa dan tamu undangan dengan khusuk mengikuti istigasah akbar

Troso – Ratusan siswa MTs dan MA Matholiul Huda Troso mengikuti istigasah akbar jelang Ujian Nasional di gedung NU Troso, tadi (17/04/2011). Selain dihadiri oleh tenaga pendidik dan pengurus YPI Matholi’ul Huda Troso, istigasah juga dihadiri oleh beberapa tamu undangan dari masyarakat sekitar madrasah. Di dalam ruangan tersebut, ratusan orang memanjatkan doa bersama-sama kepada Tuhan memohon kemudahan bagi siswa tingkat akhir  yang akan menghadapi ujian nasional.

Seorang siswa yang tidak kuasa menahan tangis saat pembacaan shalawat nabiKepala MA Matholiul Huda Troso, Drs. H. Nur Kholis Syam’un bertutur kepada seluruh peserta istigasah pada sesi sambutan. Dikatakan bahwa dalam pelaksanaan ujian tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seperti halnya model penentu kelulusan yang tidak 100%  bergantung pada nilai Ujian Nasional melainkan ada beberapa poin yang juga turut dipertimbangkan dalam menentukan kelulusan. Berbagai upaya telah dilakukan oleh madrasah dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian akhir. Upaya-upaya yang dilakukan adalah dengan beberapa kali menyelenggarakan simulasi ujian nasional, serta mengadakan bimbingan belajar, khususnya mata pelajaran yang diujinasionalkan. Selain upaya-upaya tersebut, tambahnya, para siswa dianjurkan memperbanyak ritual-ritual keagamaan semisal membaca asmaul husna, khatmil quran, istigasah dan beberapa amaliyah lainnya. Beliau mengharapkan pada ujian tahun ini, madrasah mampu meluluskan seluruh siswanya.

Pebacaan manaqibSebelum istigasah dimulai, diawali dengan ritual pembacaan kitab manaqib Syekh Abdul Qodir Al-jailany dan pembacaan shalawat nabi. Kehidmatan peserta terasa sekali saat pembacaan shalawat. Bahkan beberapa siswa nampak tak kuasa menahan air mata ketika melafalkan shalawat nabi.

Seusai pembacaan manaqib, dilanjutkan dengan pembacaan istigasah secara serampak dipimpin oleh H. Musthofa Kamal. Acara diakhiri dengan doa dan makan bersama. (mamhtroso.com)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 17 April 2011 16:54

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.