Masuk

Temukan Inspirasi Lewat Nonton Bareng

Suasana saat pemutaran video pentas seni.Sebentar lagi siswa kelas XII MA Matholiul Huda Troso akan mempunyai hajat besar. Di hari-hari terakhir sebelum meninggalkan bangku sekolahnya, mereka ingin membuat suatu pertunjukan yang akan disajikan kepada seluruh siswa dan guru di madrasah pada acara perpisahan yang bertajuk pentas seni. Berbagai cara pun  dilakukan oleh siswa agar pertunjukan yang rencananya akan ditampilkan pada minggu ketiga bulan Mei ini dapat membuat para hadirin yang menyaksikan pagelaran tersebut dapat terpukau dan sekaligus dapat meninggalkan kesan yang mendalam bagi mereka.

Dengan waktu persiapan yang hanya tinggal beberapa minggu saja, mereka harus memutar otak dan bekerja ekstra keras agar pentas yang akan mereka tampilkan dapat sesuai dengan keinginan mereka. Langkah yang mereka lakukan pertama kali adalah menentukan ragam kesenian apa saja yang ingin mereka pentaskan. Sedikitnya ada 7 jenis kesenian yang akan mereka tampilkan, yaitu: dance, drama komedi, paduan suara, band, rebana, pantomim, yel, dan drama kabaret.

Video yang di-capture menunjukkan atraksi yang ditampilkan para siswa KMI GontorMeskipun mereka telah menetapkan ketujuh jenis kesenian yang akan ditampilkan tersebut, toh masih saja mereka mengalami kebuntuan menentukan tema pada setiap jenis kesenian  itu. Sehingga muncul ide dari madrasah agar mereka terlebih dulu menyaksikan tayangan video pentas seni sebagai bahan yang dapat mereka jadikan sebagai inspirasi menentukan tema pertunjukannya.

Mereka berkumpul di gedung baru yang terletak di sisi barat kampus untuk nonton bareng sebuah video penampilan pentas seni dari siswa kelas V Kuliyatul Mualimin al-Islamiyah (KMI) Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Video yang berdurasi lebih dari tiga jam tersebut menampilkan berbagai atraksi calon wisudawan KMI Gontor yang mengundang decak kagum siswa. Melalui proyektor, mereka menyaksikan atraksi kesenian dengan seksama.

Keterlibatan penuh

Selain harus tampil prima, mereka juga masih disibukkan dengan kepanitiaan yang harus mereka tangani sendiri. Seperti yang dikatakan oleh kepala madrasah saat apel pagi sebelum acara nonton bareng dimulai, seluruh siswa akan dilibatkan dalam acara tersebut, baik sebagai panitia pentas maupun sebagai penyaji atraksi kesenian.

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 30 April 2011 21:20
Lebih lanjut dalam kategori ini: « Ceramah Kehidupan Tempat Parkir Baru bagi Siswa »

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.