Masuk

Ceramah Kehidupan

Suasana saat ceramah kehidupan dan orientasi pasca madrasah aliyah  berlangsung. Inset: Kelapa madrasah.Troso - Menjelang pengumuman kelulusan, para siswa MA Matholi'ul Huda Troso dikumpulkan oleh kepala madrasah untuk mengikuti acara yang bertajuk ceramah kehidupan dan orientasi studi pasca madrasah aliyah, kemarin (15/05/2011). Sesuai dengan tema yang diangkat, kepala madrasah menyampaikan nasihat-nasihat tentang kehidupan dan hal-hal yang perlu diperhatikan setelah mereka dinyatakan lulus.

Dihadapan para siswanya, kepala madrasah menyampaikan perlunya menentukan pilihan arah kehidupan di masa mendatang sehingga nantinya generasi muda tidak akan menjadi generasi peracun generasi-generasi setelahnya, tetapi justru menjadi pemicu bagi generasi setelahnya untuk menjadi lebih baik dari generasi yang telah ada sekarang.

Beliau menyontohkan fenomena-fenomena kehidupan nyata, dimana remaja di waktu sekarang telah banyak yang telah terkontaminasi oleh budaya-budaya yang kurang baik semisal cara berpakaian, perilaku, serta akhlak kepada orang tuanya. Moral mereka seolah telah terdegradasi oleh perkembangan jaman yang cenderung mengarah kepada kemunduran akhlak. Hal itu terjadi karena tidak adanya perencanaan dan persiapan untuk masa depan sehingga mereka cenderung hanya mengikuti arus jaman yang semakin buruk.

Selain itu, beliau memberikan gambaran kepada seluruh siswa tentang perlunya melanjutkan cita-cita yang lebih tinggi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Jika hal itu tidak mampu dilakukan, beliau mewanti-wanti kepada seluruh siswa agar berusaha untuk mengubah pola pikirnya. Sebab,  menurut beliau, jaman sekarang sudah beda dengan jaman dahulu. Jaman sekarang dituntut memiliki pola pemikiran yang selangkah lebih maju dari generasi sebelumnya.

Acara yang diselanggarakan di gedung pertemuan itu dimaksudkan tidak lain adalah untuk memberikan bekal kepada seluruh siswa pasca menerima pengumuman kelulusan yang akan digelar hari ini (16/05/2011) (aafadloli)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 18 Mei 2011 07:46

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.