Masuk

Kesederhanaan Pengumuman Kelulusan Kelas XII

Salah satu orang tua siswa (berbaju batik hijau) bermusafahah dengan beberapa guru seusai menerima pengumuman kelulusan putranya.Meski sederhana, suasana pengumuman kelulusan ujian nasional kelas XII tahun pelajaran 2010/2011 terasa begitu khidmat. Pengumuman yang digelar di gedung pertemuan MA Matholi'ul Huda Troso, Senin (16/05/2011) dihadiri oleh seluruh wali siswa, sejumlah dewan guru, dan beberapa pengurus yayasan Matholi'ul Huda Troso. Rangkaian acara pengumuman dimulai sejak pukul 08.00 WIB dan selesai 4 jam setelahnya.

Dalam sambutan yang pertama, Drs. H. Ali Mudhofar yang mewakili wali siswa menyampaikan perasaan bahagia atas keikhlasan para pendidik dalam mendidik para siswanya hingga mencapai kelulusan. Beliau menambahkan, tanpa bantuan para pendidik, utamanya pendidik di MA MH Troso, para orang tua akan merasa sedikit kesulitan dalam melaksanakan kewajiban yang Allah berikan kepada mereka. Beliau menukil sebuah ayat alquran yang berarti “jagalah dirimu dan keluargamu dari api neraka”.



Beliau mengajak kepada seluruh orang tua agar senantiasa selalu berdoa agar seluruh pendidik di MA Matholi’ul Huda Troso diberikan anugerah dan keikhlasan dalam mendidik anak-anak mereka dan berharap apa yang menjadi amal baik para pendidik dapat menjadi investasi di akhirat.

Pada sambutan kedua, kepala madrasah, Drs. H. Nur Kholis Syam’un memaparkan tentang hal-hal yang akan mereka peroleh bersamaan dengan ijazah utama. Para siswa, jelas beliau, akan mendapatkan beberapa ijazah tambahan sebagai tanda kecakapan mereka selama mengikuti kegiatan pembelajaran. Ijazah tersebut meliputi ijazah keterampilan berbahasa arab, keterampilan berbahasa inggris, keterampilan berkomputer, serta keterampilan tata busana. Ijazah-ijazah tersebut diharapkan dapat menolong para siswa yang ingin melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi atau setidak-tidaknya dapat menjadi kenang-kenangan bagi siswa yang tidak melanjutkan pendididikannya.

Pada kesempatan berikutnya, ketua Yayasan Matholi'ul Huda Troso, KH. Abdul Jalil, mempertegas tentang komitmen madrasah untuk terus berbuat yang terbaik bagi masyarakat, sesuai dengan motto madrasah yaitu: Maju untuk Berkhidmat, yang menjadikan semangat untuk memberikan pendidikan yang tidak berpihak kepada materi, tetapi lebih pada komintmen untuk turut serta memajukan masyarakat dengan memberikan pendidikan yang terjangkau namun tetap bersaing.

Seusai sambutan-sambutan, dilanjutkan dengan membagian amplop berisi pengumuman kelulusan kepada orang tua siswa. Pembagian pengumuman tersebut dipandu oleh Waka Kurikulum, Drs. H. Sobari.

Kelulusan 100%

Jika dibandingkan dengan hasil kelulusan tahun 2010, Tingkat kelulusan siswa XII pada pelaksanaan ujian nasional tahun pelajaran 2010/2011 mengalami peningkatan yang memuaskan. Apabila pada tahun pelajaran 2009/2010, prosentase tingkat kelulusan siswa mencapai 97%, namun pada tahun ini, siswa dinyatakan lulus secara keseluruhan. Ini merupakan prestasi yang menggembirakan, pasalnya sejak kelulusan yang pertama pada tahun 2006 lalu, baru pada tahun ini, siswa dapat lulus secara keseluruhan. (aafadloli)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 21 Mei 2011 18:40

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.