Masuk

Kegiatan Peringatan Sewindu Dimulai

Jamaah shalat dhuha yang begitu khusyu'Pagi ini (13/07/2011), Ribuan siswa MTs. dan MA Matholi’ul Huda Troso bersama dewan guru melaksanakan shalat dhuha berjamaah di halaman madrasah. Kegiatan ini sekaligus menjadi penanda dimulainya rangkaian peringatan sewindu MAMH Troso dan 15 tahun MTs. MH Troso. Sebelum shalat dilaksanakan, seluruh siswa yang hampir seluruhnya berpakaian putih bersarung bagi putra dan bermukena bagi putri berbaris bersaf-saf di halaman. Banyak di antara mereka yang menggelar sajadah yang sengaja mereka bawa dari rumah. Beberapa siswa yang tidak membawa sajadah memanfaatkan koran bekas sebagai alas selama ritual berlangsung.


Begitu besarnya antusias para jamaah mengikuti shalat dhuha yang untuk kali pertama dilaksanakan secara masif tersebut, sampai-sampai halaman madrasah yang begitu luas tidak lagi mampu menampung para jamaah sehingga banyak para jamaah yang meluber hingga ke teras depan kelas.

Shalat diimami oleh H. Musthofa Kamal dan dilaksanakan sebanyak 4 rakaat dengan dua kali salam. Suasana hiruk pikuk seketika berubah menjadi lengang sesaat setelah sang imam menyuarakan takbir tanda shalat telah dimulai. Sesekali keheningan pecah oleh keriuhan para jamaah mengamini sang imam selepas menyelesaikan bacaan surat alfatihah. Hingga salam tahiyyat akhir, seluruh jamaah nampak begitu khusu’ mengikuti jalannya prosesi shalat.

Seusai shalat dhuha, acara dilanjutkan dengan sujud syukur secara berjamaah. Sujud ini dilaksanakan sebagai wujud kesyukuran kepada Yang Maha Esa atas segala karunia yang telah dilimpahkan kepada MTs. maupun MAMH Troso sehingga kedua lembaga pendidikan ini mampu bertahan hingga sekarang, bahkan mengalami kemajuan yang begitu pesat.

Sesaat setelah sujud syukur rampung, seluruh siswa menuju kelas masing-masing untuk mengikuti tahtimul quran. Masing-masing kelas diwajibkan menghatamkan 30 juz alquran. Bagi siswa putri yang kebetulan berhalangan karena menstruasi, mereka menggantinya dengan membaca shalawat nariyah sebanyak 40 kali.

Berbagai Macam Acara

Seperti yang telah diberitakan MAMHTroso.Com sebelumnya, ada berbagai macam acara yang akan digelar dalam rangka menyambut peringatan HUT MAMH Troso yang ke-8 dan HUT MTs. MH Troso yang ke-15. Selain shalat dhuha, sujud syukur, dan tahtimul quran, setidaknya masih ada tiga agenda besar hingga menjelang bulan Ramadan.

Ketiga acara tersebut yaitu tahtimul Quran oleh para penghafal Quran yang tergabung dalam Jam’iyyah al-Qurra’ wal Huffat se-Kecamatan Pecangaan dan Kalinyamatan. Dilanjutkan dengan pengajian yang rencananya akan dihadiri oleh KH. Syaroni Ahmadi, serta dipungkasi dengan jalan santai di penghujung bulan Juli. Seusai Idul Fitri, kegiatan peringatan akan dilanjutkan hingga bulan Desember mendatang. (mamhtroso.com)


Terakhir diperbarui pada Sabtu, 29 Oktober 2011 23:33

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.