Masuk

Hari ini, Pembagian Rapor UTS Gasal

Pembagian rapor UTS.Troso – Hasil jerih payah siswa MA Matholi’ul Huda Troso saat menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) Gasal yang digelar beberapa hari lalu, akhirnya dapat dilihat melalui rapor nilai yang dibagikan oleh wali kelas mereka, hari ini (10/10/2011).

Rapor yang mereka terima merupakan nilai dari keseluruhan mata pelajaran diujikan, yang ditulis dengan nilai murni tanpa pengindeksan sedikitpun. Hal itu bertujuan agar siswa dapat mengetahui sejauh mana pemahamannya terhadap mata pelajaran yang bersangkutan dengan harapan mereka dapat melakukan perbaikan dan peningkatan pada hasil yang mereka dapatkan. Dalam rapor juga memuat nama-nama siswa dalam satu kelas sehingga mereka bisa melihat nilai dari teman mereka.

Bagi siswa kelas X yang berasal dari MTs. Matholi’ul Huda Troso, rapor dengan nilai murni mungkin sudah menjadi hal yang lumrah di MA MH Troso karena pada waktu mereka berada di jenjang madrasah tsanawiyah, hal serupa juga diberlakukan. Namun tidak bagi siswa yang berasal dari luar MTs. MH Troso. Mereka mungkin akan terkaget-kaget dengan nilai rapor yang ‘ala kadarnya’ tersebut.

Wali kelas (kiri) memberikan wawasan kepada siswanya sebelum pembagian rapor.Seusai jam istirahat, rapor tak langsung dibagikan kepada siswa. Mereka masih harus menunggu beberapa waktu lantaran wali kelas mereka tengah mengikuti briefing yang dipimpin oleh kepala madrasah di kantor. Seusai briefing, wali kelas kemudian menuju ke kelas binaannya.

Seperti yang diperoleh ketika briefing dengan kepala madrasah, wali kelas menyampaikan beberapa hal yang terkait dengan program madrasah, diantaranya program kebersihan yang akan dimulai pada minggu depan. Dalam program ini, setiap kelas dibagi menjadi paling tidak empat kelompok yang bertugas bergilir setiap seminggu sekali untuk mengepel lantai kelas mereka masing-masing. Selain program kebersihan, wali kelas juga menekankan kepada seluruh siswa agar terus meningkatkan kontribusinya kepada madrasah melalui program Gerakan Peduli Madrasah yang pernah sukses dilaksanakan pada bulan Ramadan lalu.

Fluktuasi Nilai

Secara umum, nilai yang diperoleh siswa dalam UTS Gasal tahun ajaran ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan pelaksanaan UTS Gasal tahun ajaran lalu. Peningkatan tersebut terjadi pada siswa kelas X dan kelas XII. Selain rata-rata yang meningkat, skor tertinggi juga mengalami peningkatan dibanding dengan tahun lalu.

Namun, kemerosotan nilai justru dialami oleh siswa kelas XI, baik IPA maupun IPS. Jika di tahun lalu nilai rata-rata siswa kelas XI IPA mencapai 69, namun di tahun ini nilai rata-rata seluruh siswa secara paralel menurun tiga poin menjadi 66. Demikian halnya dengan nilai rata-rata siswa kelas XI IPS yang awalnya 63 menjadi 60.

Fluktuasi nilai semacam ini, oleh wali kelas disebutnya sebagai bahan perbandingan bagi siswa agar terus meningkatkan intensitas belajar sehingga dapat mencapai hasil yang memuaskan, terlebih lagi bagi siswa kelas XII yang harus mempersiapkan diri menghadapi ujian nasional maupun ujian masuk perguruan tinggi bagi yang ingin melanjutkan. (mamhtroso.com)

Terakhir diperbarui pada Senin, 10 Oktober 2011 14:54

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.