Logo
Cetak halaman ini

Emha Pos Dirilis Kembali

Sejumlah siswa sedang membaca mading Emha Pos edisi perdana. Troso, MAMHTROSO.com – Setelah beberapa waktu tidak terpublikasi, majalah dinding Emha Pos akhirnya dirilis kembali pada Sabtu (15/10/2011). Ini merupakan kali pertama sejak dimulainya tahun ajaran baru 2011/2012. Kehadiran Emha Pos sebagai media jurnalisme siswa sekaligus menambah semaraknya kegiatan ekstrakurikuler di MAMH Troso.

Agar dapat secara rutin terbit, madrasah menunjuk seorang koordinator yang khusus menangani mading ini. Adalah Syaifur Rohman, alumnus MAMH Troso angkatan 2010/2011. Tugas utamanya adalah bertanggung jawab atas terbitnya Emha Pos minimal sepuluh hari sekali. Sekali terbit, dia mencetak sebanyak Sembilan oplah yang dipajang di beberapa titik kelas yang terdapat etalasenya. Dalam menjalankan tugas, dia dibantu oleh beberapa siswa yang ditunjuknya untuk menjadi redaktur pelaksana mading.

Pada rilis perdananya, Emha Pos mengangkat topik seputar dinamika yang terjadi di madrasah, seperti reportase upacara Renungan Ulang Janji yang pernah digelar beberapa waktu lalu. Selain itu, beberapa artikel yang bersumber dari internet juga nampak memenuhi isi mading ini.

Dari semua materi yang terpampang pada media berdimensi 115 x 57 cm itu, tak satu pun tulisan yang bersumber dari siswa. Hal itu dapat dimaklumi, sebab pada edisi perdana seluruh bahan dicari, diolah, dan ditata oleh koordinator sendiri. Meski demikian, koordinator telah berupaya menggaet beberapa siswa untuk dijadikan pengurus mading ini.

Mereka yang terpilih merupakan siswa yang pernah mengikuti pelatihan jurnalistik bulan Agustus lalu. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok yang bertugas mengisi mading secara bergilir. Untuk sementara waktu, dewan redaksi hanya dibebani menyerahkan karya tulisannya kepada koordinator untuk selanjutnya disunting dan diatur tata letaknya menggunakan seperangkat komputer. Jika sudah memungkinkan, tahap perwajahan akan diserahkan sepenuhnya kepada dewan redaksi. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 20 Oktober 2011 01:36
Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.