Masuk

Manfaatkan Waktu Luang untuk Belajar

Berjajar di sepanjang teras madrasah, para pelajar putri MA Matholi'ul Huda Troso belajar sebelum menghadapi ulangan semester.

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi itu (02/12), waktu menunjukkan pukul 09.00 WIB. Bersamaan dengan itu, terdengar suara deringan bel sebanyak tiga kali menandai berakhirnya pelaksanaan Ulangan Semester Gasal jam pertama di MA Matholi’ul Huda Troso. Nampak siswa berhamburan keluar dari dalam ruang ujian. Di antara mereka ada yang melakukan kroscek dengan teman-temannya, dan sesekali terlihat raut muka kegirangan atau bahkan kekecewaan karena jawabannya tidak sesuai dengan teman-temannya. Tidak sedikit pula yang langsung membuka buku materi pelajaran yang akan diujikan selanjutnya.


Ya, Belajar sebelum menghadapi tes atau ulangan sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh para peserta didik, termasuk yang dilakukan siswa MA Matholi’ul Huda Troso saat menghadapi Ulangan Semester Gasal yang diselenggarakan sejak kemarin (01/12). Sebagian besar siswa memanfaatkan waktu luang dengan membaca buku catatannya selama setengah jam sebelum ulangan dimulai, ada pula yang mengerjakan latihan-latihan soal.

Meski singkat, waktu jeda itu cukup membantu bagi mereka. Setidaknya mereka dapat lebih percaya diri dalam menghadapi ulangan.

para siswa yang belajar di teras samping kantor.Rata-rata dari pelajar putri memanfaatkan teras depan dan teras samping madrasah untuk kegiatan belajarnya. Mereka rela belajar sambil duduk lesehan daripada menghabiskan uang sakunya untuk jajan. Tapi hal itu tidak berlaku bagi mayoritas pelajar kaum adam. Setali tiga uang, mereka tetap belajar di warung-warung sekitar madrasah sambil menikmati sajian makanan ringan yang dijajakan para pedagang.

Banyaknya materi pelajaran yang diujikan dalam ulangan semester ini menuntut mereka belajar ekstra. Dari sekian banyak materi, rata-rata mereka baru menguasai sekitar 75%. Imbasnya, mereka harus benar-benar memanfaatkan waktu luangnya untuk belajar agar mendapatkan nilai yang maksimal, atau setidaknya memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil ulangan semester ini akan diformulasikan dengan nilai ulangan harian, nilai tugas, dan nilai mid semester yang menjadi nilai rapor. Nilai tersebut akan dapat mereka lihat pada saat penerimaan Laporan Hasil Belajar Jumat (16/12) mendatang. (aaf)




Terakhir diperbarui pada Kamis, 08 Desember 2011 21:10

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.