Masuk

Pengecoran Libatkan Siswa dan Warga Sekitar

Warga sedang mengisi air ke dalam mesin molen beton.Troso, MAMHTROSO.com – Cuaca cerah mengiringi proses pengecoran beton lima lokal gedung kampus baru MA Matholi’ul Huda Troso.  Sedikitnya ratusan siswa aliyah dan tsanawiyah beserta warga sekitar kampus ikut terlibat dalam pengecoran tersebut, Sabtu (14/01/2012). Besarnya partisipasi siswa dan warga menjadikan proyek tersebut dapat teratasi dalam jangka waktu sehari.

Seusai sarapan pagi bersama,  para pekerja mulai melaksanakan tugasnya. Raungan tiga mesin penggerak molen beton mulai dioperasikan oleh pekerja sekitar pukul 07.30 WIB. Tanpa menunggu instruksi warga yang nampak masih segar tersebut langsung berbaris untuk mempermudah distribusi cor beton yang akan dituangkan di atap gedung yang sebelumnya telah diberi rangka besi. Selain bertugas sebagai ‘pengantar’ ember beton, beberapa warga juga bertugas memasukkan koral, pasir, semen, dan air ke dalam molen ketika siap diisi.

Agar berjalan efektif, tiga molen beton ditempatkan di tiga titik yang berbeda. Pada setiap titik terdapat anak tangga yang menjadi jalur utama pendistribusian adukan beton tersebut.

Tugas yang sama juga diemban oleh ratusan siswa MTs./MA MH Troso. Secara bergilir, mereka ikut berjajar menyalurkan cor beton seperti halnya para warga. Panitia pengecoran menginstruksikan kepada siswa untuk berganti pakaian lalu bersiap menuju lokasi. Setelah bertugas sekitar 30-60 menit, tiba giliran siswa lain menggantikan tugas tersebut.

Cuaca cerah mengiringi proses pengecoran lima lokal gedung MA MH Troso.Partisipasi warga tidak hanya dalam bentuk tenaga saja. Lusinan warga berduyun-duyun datang ke sekretariat yang berada di kantor MTs. MH Troso dengan menenteng aneka makanan dan minuman. Mereka bermaksud menyumbangkan makanan kecil tersebut kepada para pekerja yang sedang menjalankan tugas berat tersebut. Tak ayal, puluhan jenis makanan kecil dan minuman terkumpul yang selanjutkanya diberikan kepada para pekerja. Ada pula beberapa warga mendonasikan sejumlah uang dan ratusan karung semen.

Seusai istirahat siang, pengecoran dilanjutkan pukul 13.15 WIB, bersamaan dengan usainya Proses Belajar Mengajar (PBM) di MTs. dan MA MH Troso. Meski begitu, bagi para siswa yang ditunjuk masih harus menjalankan tugasnya secara bergilir hingga pengecoran rampung menjelang Maghrib.

Saat ditemui MAMHTROSO.com, Beberapa siswa yang telah selesai bertugas tersebut mengaku senang. “Wah, lelah tapi menyenangkan karena ini pengalaman merasakan jadi tukang batu (pekerja bangunan-red),” ungkap Miftahul Anam, salah satu siswa MA MH Troso yang mendapatkan giliran pagi.

Pavingisasi dan Pembuatan Fasilitas Olahraga

Setelah pengecoran selesai, panitia pembangunan berencana memasang batako paving di halaman kampus baru agar dimanfaatkan untuk kegiatan siswa. Selain itu, Beberapa fasilitas olahraga juga akan dibuat, seperti: lapangan basket standar dan mini, dan juga lapangan voli.

Jika berjalan sesuai rencana, kelima lokal gedung beserta fasilitas olahraga baru akan dapat dioperasikan pada awal tahun pelajaran 2012/2013 pada bulan Juli mendatang. (aaf)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.