Masuk

Tim Roscomp MAMH Troso Bertekad Pertahankan Gelar Keempat

Joko (kiri) bersama dua rekannya berlatih pengibaran bendera.Troso, MAMHTROSO.com – Ungkapan mempertahankan prestasi lebih sulit daripada mendapatkannya terasa pantas disematkan kepada 10 siswa MA Matholi’ul Huda Troso yang mewakili gugus depannya pada ajang kompetisi pramuka penegak yang bertajuk 6th Rover Scout Competition (Roscomp) di Semarang pada 18-19 Februari mendatang. Bagaimana tidak, gelar juara yang telah ditorehkan para seniornya pada ajang yang sama harus mereka pertahankan dan sekaligus menyabet gelar juara untuk keempat kalinya.

Mendekati hari-H, persaingan dari pangkalan lain untuk merebut tropi Gubernur Jawa Tengah dari genggaman MAMH Troso semakin ketat saja. Hal itu setidaknya tampak pada grup Roscomp 6 di situs jejaring sosial facebook. Hingga berita ini ditulis, sebanyak 110 anggota telah tergabung di grup yang pertama kali dirilis pada 27 Oktober 2011 lalu tersebut. Dari status yang ditulis, kebanyakan dari mereka mengatasnamakan pangkalan dan menyatakan siap berkompetisi serta berhasrat menjadi juara berikutnya. Maklum saja, sejak keikutsertaan perdana MAMH Troso pada lomba Roscomp tahun 2006 lalu, tropi juara umum nyaris tidak pernah berpindah tempat ke pangkalan lain.

Berapa jumlah pesertanya? Berbeda dengan tahun sebelumnya, panitia kegiatan 6th Roscomp membatasi peserta sebanyak 35 pangkalan saja. Di setiap kwartir cabang, panitia hanya mengundang 3-4 pangkalan. Meski begitu, bukan berarti persaingan meluntur. Justru sekolah yang diundang merasa mendapatkan perhatian sehingga mereka dapat mempersiapkan materi lomba.

Sedikitnya terdapat 10 mata lomba yang dipertandingkan. Lomba-lomba tersebut meliputi: Cerdas Cermat Pramuka (CCP), Karya Tulis Ilmiah (KTI), Pemanfaatan Limbah Tepat Guna (PLTG), Pengetahuan Teknologi dan Informasi, Pengetahuan Survival dan Mountainering, Pengibaran bendera, pertolongan pertama, macapat, puisi bahasa Inggris, dan atraksi teriakan yel. Keseluruhan mata lomba diperebutkan persangga putra dan putri.

Dalam waktu singkat, tim MAMH Troso dituntut dapat menguasai seluruh materi dengan sempurna. Belum lagi, bayang-bayang mempertahankan gelar juara umum menjadi tantangan berat bagi Joko Aji Saputro dkk dalam menghadapi kompetisi tingkat Jawa Tengah ini.

“Cukup berat beban yang kami emban. Tapi bagaimanapun, kami harus berusaha mempertahankan juara umum. Itu tekad kami,” kata Joko di sela-sela latihan pengibaran bendera di halaman madrasah, Rabu (25/01/2012).

Joko sudah cukup tahu seluk-beluk Roscomp. Dia menjadi satu-satunya anggota tim yang pernah mengikuti Roscomp V tahun 2010 lalu. Boleh jadi, penyertaan Joko dalam skuad tim Roscomp 6 agar dia menjadi penyemangat rekan-rekannya dalam mengemban misi mengharumkan nama ambalan Setia Budi-Fatmawati di belantara persaingan Roscomp 6. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 29 Januari 2012 12:22

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.