Masuk

Birawa Gelar Pra-Pelantikan PKS

Peserta mengikuti ujian senam lalu lintas.Troso, MAMHTROSO.com – Jumat (24/02) pagi di halaman MA Matholi’ul Huda Troso, puluhan siswa MTs dan MA calon anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS) berbaris rapi dengan baju serba hitam. Dengan khidmat, mereka mengikuti jalannya upacara pembukaan pra-pelantikan keanggotaan ekstrakurikuler kedisiplinan lalu lintas tersebut. Kegiatan ini digagas oleh dewan kehormatan PKS MTs/MA MH Troso yang diberi nama Brigade Rajawali (Birawa).

Kegiatan ini dimaksudkan sebagai persiapan menjelang digelarnya pelantikan PKS se-Kabupaten Jepara yang akan dimulai siang ini (26/02) hingga besok di SMPI 3 Sultan Agung Kriyan Jepara. Seluruh rangkaian acara dalam gladi bersih ini dibuat persis seperti rangkaian acara pelantikan yang sesungguhnya. Selain itu, para peserta diharapkan dapat mengenal medan yang akan mereka hadapi saat kegiatan utama berlangsung.

Sebelum dilantik, para calon penegak disiplin di jalan raya ini diuji oleh anggota Birawa dan beberapa anggota senior. Ada enam materi yang diujikan di pos yang berbeda. Mulai dari materi Janji PKS, Baris-Berbaris, Senam Lalu Lintas, Drill Lalu Lintas, Halang Rintang, hingga Pengetahuan Lalu Lintas harus mereka lewati sebagai syarat menjadi anggota PKS. Penguasaan materi-materi tersebut juga menjadi bahan pertimbangan layak-tidaknya mereka diterjunkan mengatur lalu lintas di beberapa titik penyeberangan di jalan raya Pecangaan-Bugel Km. 2.

Halang RintangSeusai upacara pembukaan, acara dilanjutkan dengan ujian materi. Para peserta harus berjalan kaki menempuh jarak cukup jauh hingga mencapai pos pemberhentian. Di tempat itu, satu materi diujikan. Setelah dinyatakan lulus pada materi tersebut, mereka diperkenankan melanjutkan perjalanan menuju pos selanjutnya hingga pos keenam. Seluruh kegiatan dihentikan ketika memasuki waktu salat Jumat dan dilanjutkan kembali pada pukul 13.00 WIB.

Menurut mantan komandan Birawa periode pertama, Habib Wibowo, kegiatan prapelantikan ini terbilang cukup sukses. “Hampir 60% materi dapat dipraktikkan dengan baik oleh peserta. Demonstrasi juga sudah cukup baik,” kata Habib saat dihubungi MAMHTROSO.com via telepon. Sisa waktu sehari, lanjutnya, sudah cukup untuk mengoreksi diri sehingga pada waktu pelaksanaan, mereka dapat melewati ujian dengan hasil maksimal.

Pelantikan anggota PKS yang digelar hari ini rencananya akan diikuti oleh ratusan calon anggota PKS, termasuk 27 siswa MTs MH Troso dan 3 siswa MA MH Troso. Para calon anggota berasal dari empat kecamatan, yang meliputi Kecamatan Pecangaan, Kedung, Kalinyamatan, dan Batealit.

Tidak hanya ujian materi, para peserta juga mendapatkan kesempatan untuk unjuk gigi saat kegiatan berlangsung, seperti: demonstrasi baris-berbaris, senam lalu lintas, maupun drill lalu lintas. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 26 Februari 2012 03:19

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.