Masuk

Bismillah, UTS dan UM Serentak

Siswa kelas XII IPS2 (kiri) mengikuti Ujian Madrasah, duduk berjajar dengan siswa kelas X A.Troso, MAMHTROSO.com – Hari ini (10/03), MA Matholi’ul Huda Troso mulai menggelar Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap dan Ujian Madrasah (UM). Kedua evaluasi tersebut dilaksanakan secara serentak. UTS Genap ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI, sedangkan UM diikuti siswa kelas XII.

Mengawali tes di hari pertama, peserta UTS Genap dari kelas X dan XI harus memeras otak. Pasalnya, mereka menghadapi mata pelajaran (mapel) Matematika yang notabene dianggap sebagai mapel paling sulit. Meski jumlah soal yang dikerjakan relatif lebih sedikit bila dibandingkan mapel lain, namun rata-rata mereka masih belum mampu menyelesaikan seluruh jawaban hingga waktu yang ditentukan. Setelah itu, masih ada dua mapel lagi yang harus dikerjakan, yaitu Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dan Aqidah Akhlak.

Demikian halnya dengan siswa kelas XII yang mengikuti UM. Di hari pertama, mereka menghadapi mapel Bahasa Indonesia yang membutuhkan ketelitian tinggi dalam menjawabnya. Selain itu, lembar jawab yang mereka gunakan berbeda dengan yang digunakan adik-adik kelasnya. Mereka menggunakan Lembar Jawab Komputer (LJK) yang juga membutuhkan “perlakuan khusus” bila dibandingkan dengan lembar jawab konvensional. Ada prosedur ketat yang harus dipatuhi agar LJK yang digunakan dapat terbaca oleh mesin scanner saat pengoreksian, seperti alat tulis harus berupa pensil grafit tipe 2B, dan beberapa prosedur lain. Namun untungnya, mereka hanya menghadapi 2 mapel di hari pertama. Setelah Bahasa Indonesia, mereka dapat sedikit bernafas lega lantaran mapel yang mereka hadapi selanjutnya adalah Teknologi Informasi Komputer (TIK) yang relatif lebih mudah.

Selepas mengikuti tes di hari pertama, siswa kelas XII masih menyisakan 5 kali lagi tes UM hingga Jumat (16/03) depan. Sedangkan untuk siswa kelas X dan XI hingga Sabtu (17/03) mendatang.

Bagi siswa kelas XII, UM menjadi rangkaian ‘pertempuran’ untuk mencapai kelulusan. Nilai dari UM ini kemudian akan diformulasikan dengan nilai rata-rata rapor. Kombinasi kedua nilai tersebut menghasilkan Nilai Madrasah (NM) yang akan digabung dengan nilai Ujian Nasional mendatang sehingga akan menghasilkan Nilai Akhir (NA). NA inilah yang akan menentukan lulus tidaknya siswa.

Digelar Serempat untuk Efisiensi Waktu

Digelarnya UTS Genap bagi kelas X dan XI serta UM bagi kelas XII secara serempak di MAMH Troso dimaksudkan untuk efisiensi waktu. Seperti yang dikatakan Kepala Madrasah pada acara Morning Briefing, Kamis (08/03) lalu. Selain itu, efisiensi biaya operasional pelaksanaan juga menjadi alasan dibarengkannya dua ujian dalam satu waktu. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 10 Maret 2012 11:00

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.