Masuk

UTS Genap dan UM Selesai Hari ini, UAMBN Berikutnya

Suasana hari terakhir pelaksanaan UTS Genap di Ruang 10.Troso, MAMHTROSO.com – Sepekan terlampaui, Ulangan Tengah Semester (UTS) Genap bagi siswa kelas X dan XI, serta Ujian Madrasah (UM) bagi siswa kelas XII yang digelar serempak oleh MA Matholi’ul Huda Troso selesai hari ini (17/03).

Perasaan lega mungkin saja dirasakan oleh siswa kelas X dan XI. Pasalnya, setelah menghadapi UTS Genap yang cukup menguras otak tersebut, mereka dapat belajar di rumah selama beberapa hari ke depan. Namun bagi siswa kelas XII, masih ada beberapa rangkaian ujian yang harus dijalani pasca-UTS Genap. Pada Senin (19/03) mendatang, siswa kelas akhir akan kembali berhadapan dengan lembar-lembar soal pada Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN).

UAMBN akan digelar hingga Rabu (21/03). Selama pelaksanaan ujian tersebut, siswa kelas X dan XI diliburkan. Hal itu lantaran ruang kelas mereka digunakan sebagai tempat penyelenggaraan ujian tersebut. Setelah ujian rampung, proses pembelajaran akan kembali berjalan normal pada hari Kamis (22/03).

Secara umum, pelaksanaan UTS Genap dan UM berjalan sesuai yang diharapkan. Hal itu dapat terlihat dari laporan pengawas selama ujian berlangsung. Hingga memasuki hari terakhir, nyaris seluruh pengawas tidak ada yang melaporkan adanya peserta ujian yang melakukan pelanggaran peraturan dan tata tertib pelaksanaan ujian. Kalau pun ada, mereka langsung diberi sanksi di tempat berupa teguran hingga pencoretan lembar jawaban.

Hal itu dibenarkan oleh Ketua Panitia Penyelenggara Ujian, Noor Ubaidillah, S.Pd.I. yang juga langsung terjun menindak apabila terjadi pelanggaran. Tindakan tegas yang diterapkan tidak lain adalah bertujuan untuk menanamkan nilai kejujuran dalam mengerjakan soal dan menghilangkan praktik pencontekan jawaban. Diharapkan, kondusifitas pelaksanaan UTS Genap dan UM tahun ini dapat meningkat pada pelaksanaan UAMBN mendatang. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 17 Maret 2012 12:41

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.