Masuk

Genjrang-Genjreng Ekskul Musik

Anam (berbaju abu-abu) duduk dikelilingi anak asuhannya memainkan gitar.Troso, MAMHTROSO.com – Suara genjrengan gitar akustik menandai dimulainya kegiatan ekstrakurikuler musik di MA Matholi’ul Huda Troso, kemarin (10/04). Sebanyak sepuluh siswa berlatih memainkan gitar akustik di ruang studio musik yang dimiliki MAMH Troso.

Shoftul Anam, instruktur yang ditunjuk madrasah untuk menggawangi ekskul ini mengenalkan berbagai jenis chord gitar dan bass. Sambil duduk lesehan, Anam dikelilingi sejumlah anak-anak asuhannya menjelaskan satu per satu mengenai teknik memegang gitar, penjarian, pemetikan senar, dan kolom gitar. Seluruh peserta ekskul tersebut semakin antusias. Pasalnya, mereka dapat langsung mencoba teori yang disampaikan Anam lantaran mereka memegang gitar satu per satu.

Dari sebagian besar peserta ekskul ini, rata-rata mereka sudah mengerti jenis-jenis chord sehingga sang instruktur tinggal membenahi teknik mengaplikasikan kunci pada papan grid gitar dengan benar. Meski demikian, beberapa peserta mengaku belum mengerti sama sekali tentang chord. “Baru kali ini saya mengenal kunci gitar. Sebelumnya saya cuma bisa genjrang-genjreng tanpa mengerti kunci,” aku Muhammad Rofik di sela-sela latihan. Lantaran belum mampu, Rofik dan beberapa temannya yang masih ‘awam’ dengan chord gitar mendapatkan perhatian lebih dari instruktur.

Selama latihan berlangsung, siswa dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok memfokuskan pada teknik gitar ritem, sedangkan kelompok sisanya mendalami bass.

Anam berharap, dalam beberapa pertemuan ke depan, seluruh siswa yang mengikuti ekskul musik sudah dapat menguasai beberapa chord dasar. “Teman-teman saya harapkan sudah bisa kunci-kunci dasar seperti kunci C, E, G, dan kunci-kunci lain,” Ungkap Anam seusai latihan. Setelah target penguasaan chord, Anam juga akan mengenalkan teknik menggebuk drum kepada peserta ekskul. (aaf)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.