Masuk

Tingkatkan Semangat, Madrasah Gelar Istigasah dan Doa Bersama

Khidmat - Siswa yang mengikuti istigasah.Troso, MAMHTROSO.COM – Jumat pagi (13/04), MA Matholi’ul Huda Troso menggelar Istigasah dan doa bersama di halaman madrasah. Ratusan siswa, guru, dan tamu undangan hadir memadati halaman madrasah. Madrasah menggelar acara tersebut sebagai upaya batiniah meningkatkan semangat para siswanya dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) yang akan mulai digelar Senin (16/04).

Acara istigasah dipimpin oleh H. Musthofa Kamal. Seluruh peserta yang hadir pada acara tersebut nampak khusuk. Bahkan, beberapa di antara para siswa kelas akhir tersebut tidak kuasa membendung air mata lantaran terbawa perasaan haru. Maklum saja, kondisi emosional yang dinampakkan oleh para siswa sebagai wujud hasrat mereka untuk dapat mengulang kesuksesan dalam UN yang pernah dicapai oleh kakak-kakak kelasnya tahun lalu, yaitu dapat lulus 100 persen.

Sebelum acara inti dimulai, Kepala Madrasah menyampaikan sambutan mengenai hal ikhwal digelarnya acara tersebut. Kamad berujar bahwa acara istigasah merupakan salah satu usaha secara rohani yang mengimbangi usaha pembelajaran yang dilakukan seperti biasa.

Lebih lanjut, Ketua YPI MH Troso yang menyampaikan sambutan menekankan adanya keseimbangan antara usaha jasmani dan rohani dalam segala hal. Beliau mencontohkan dalam menghadapi UN, siswa selain harus rajin belajar, juga harus menimpalinya dengan ritual-ritual kerohanian, semisal berdoa, istigasah, manaqib dan sejenisnya. Beliau berharap agar siswa tidak hanya mendapatkan kelulusan pada UN tahun ini, melainkan juga ilmu yang mereka dapatkan selama berada di bangku madrasah dapat bermanfaat.

Sejatinya, MAMH Troso sudah mempunyai kebiasaan menggelar istigasah setiap hari Sabtu-Selasa setelah Proses Belajar Mengajar (PBM) usai. Acara tersebut diikuti oleh seluruh siswa dan digelar di dalam kelas masing-masing.

Sebelum istigasah, acara diawali dengan pembacaan salawat nabi yang dipimpin oleh Ismail al-Qori. Seluruh peserta lantas menirukan bacaan salawat secara serempak. Bersamaan dengan itu, dibaca pula manaqib Syeikh Abdul Qadir al-Jailani oleh H. Sucipo, S.Ag. dan Drs. Anduwan.

Sungkeman - Para siswa kelas akhir menggelar aksi sungkeman dengan sesepuh YPI MH Troso.Acara berlanjut secara berturut-turut dengan pembacaan istigasah secara massal yang dipimpin oleh H. Musthofa Kamal, pembacaan tahlil sekaligus doa oleh KH. Ali Ahsan, dan musafahah dengan tiga sesepuh YPI MH Troso.

Ada yang tidak biasa dari pelaksanaan Istigasah dan doa bersama tahun ini. Panitia kegiatan menempatkan acara tahunan ini digelar di halaman madrasah, tidak seperti pada pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya yang bertempat di gedung NU Troso Selatan yang berlokasi lebih kurang 200 m ke selatan dari arah kampus MAMH Troso. Selain itu, panitia juga memilih waktu pagi. Acara digelar mulai pukul 05.30 WIB.

Istigasah dan doa bersama menjelang UN ini tidak hanya oleh siswa kelas akhir MAMH. Para siswa kelas IX MTs. juga menggelar acara istigasah dan doa bersama di tempat dan waktu yang sama.

Sistem kelulusan sama

UN yang sedianya digelar mulai tanggal 16 April untuk tingkat MA dan seminggu setelahnya untuk tingkat MTs masih menggunakan sistem kelulusan yang sama dengan tahun lalu, yaitu didasarkan pada nilai akhir yang diperoleh dari penggabungan nilai madrasah dan nilai ujian nasional dengan prosentase masing-masing 40 persen dan 60 persen.

Untuk menyiasati sistem kelulusan tersebut, madrasah mengambil beberapa kebijakan terkait dengan pembinaan dan mengoptimalkan waktu bagi siswa kelas akhir. Kebijakan-kebijakan tersebut diantaranya menambah durasi pertemuan materi-materi UN maupun UM, Tryout, dan pembekalan kerohanian. (aaf)


Terakhir diperbarui pada Sabtu, 21 Juli 2012 18:23

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.