Masuk

Pagi ini, Ujian Nasional Dimulai

Suasana ujian.Troso, MAMHTROSO.COM – Senin pagi ini (16/04), Ujian Nasional (UN) Utama tingkat menengah atas dimulai secara serempak di seluruh Indonesia, termasuk MA Matholi’ul Huda Troso. Sebanyak 104 siswa kelas XII mengikuti UN yang dijadwalkan berakhir pada 19 April 2012.

Jumlah tersebut terdiri dari 36 siswa program IPA serta 68 siswa program IPS. Mereka terbagi menjadi 6 ruang ujian. Selama ujian berlangsung, mereka akan diawasi oleh pengawas ruang. Para pengawas yang berjumlah 12 orang tersebut merupakan pengawas silang dari sekolah lain tergabung dalam Sub-Rayon 02 yang meliputi wilayah kecamatan Pecangaan, Kedung, dan Kalinyamatan.

Pengawasn Satuan Pendidikan.Sebelum ujian dimulai, Ketua Panitia UN MAMH Troso menyampaikan sosialisasi kepada para pengawas ruang. Sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan teknis penyelenggaraan ujian. Sebenarnya, mereka sudah mendapatkan pembekalan dari kepala sekolah di institusinya masing-masing. Namun Ketua Panitia sengaja menyampaikan beberapa poin penting agar para pengawas benar-benar siap dengan tugasnya.

Pada kesempatan itu, Pengawas Satuan Pendidikan (PSP) yang ditugaskan di MAMH Troso, Moh. Aminnudin, menambahkan agar seluruh seluruh penyelenggara ujian dapat menjaga kondusifitas ujian. “Saya harap ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah dan pengawas ruang agar menciptakan suasana tertib selama ujian berlangsung,” kata PSP. Ia juga menekankan agar pengawas ruang lebih teliti dalam mengumpulkan Lembar Jawab Ujian Nasional (LJUN). “LJUN jangan sampai ada yang ketinggalan di dalam ruang. Kasihan siswa jika hal ini terjadi.” Tambah PSP.

Para pengawas ruang.Di hari pertama, siswa memasuki ruang ujian pukul 07.30 WIB, 10 menit lebih awal dari jadwal normal. Pasalnya, di hari pertama para pengawas harus membacakan tata tertib peserta UN. Selebihnya digunakan untuk pengisian identitas dan pembagian soal ujian. Baru pada pukul 08.00 WIB, UN dimulai hingga pukul 10.00 WIB. Mapel yang pertama kali dihadapi oleh peserta ujian program IPA dan IPS adalah Bahasa Indonesia.

Esok harinya, peserta ujian akan menghadapi dua mapel sekaligus. Untuk peserta ujian program IPA, mereka akan menghadapi Bahasa Inggris dan Fisika, sedangkan peserta ujian program IPS akan menghadapi Bahasa Inggris dan Ekonomi.

Berdasarkan pantauan MAMHTROSO.COM dari luar ruang ujian, seluruh peserta tidak ada yang berhalangan hadir di hari perdana. Sehingga dapat dipastikan, peserta ujian tidak perlu lagi mengikuti ujian susulan yang digelar sepekan setelah ujian utama. Diharapkan peserta UN dapat mengikuti ujian hingga hari terakhir.

Detik-Detik UN, Siswa Santai

Suasana belajar di ruang kelas XII IPS-2 menjelang detik-detik UN digelar.Detik-detik menjelang UN digelar, siswa kelas XII nampak lebih santai. Hal itu terlihat dari suasana di dalam ruang kelas yang digunakan para siswa untuk belajar. Meski mereka masih membuka buku soal latihan, mereka tetap terlihat santai. Tidak sedikit yang menyempatkan diri bergurau dengan teman-teman seperjuangannya. “Dibuat santai saja, Kak. Biar nanti tidak stress saat di dalam (ruang ujian-red.),” ujar Fauziyah Hanum, salah satu peserta UN program IPS.

Hanum berjujar demikian memang cukup beralasan. Pasalnya,  Hanum dan teman-temannya harus berjuang dengan seluruh kemampuan kognitifnya untuk mendapatkan kelulusan. Hanum dkk dapat bernafas lega. Sebab, hasil UN tahun ini tidak 100 persen menjadi penentu kelulusan. Kelulusan tahun ini sama dengan tahun kemarin, yaitu ditentukan dari prosentase nilai madrasah sebanyak 40 persen dan nilai UN sbanyak 60 persen. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Senin, 16 April 2012 09:36

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.