Logo
Cetak halaman ini

Ujian Listening: Lebih Sulit yang Asli!

Troso, MAMHTROSO.COM – Memasuki hari kedua Ujian Nasional (UN) (17/04), peserta UN menghadapi tes yang relatif lebih berat dari hari sebelumnya. Demikian juga yang dialami oleh 104 siswa MA Matholi’ul Huda Troso. Pasalnya, mereka harus menghadapi dua mapel dalam sehari. Pada jam pertama, mereka harus berjibaku dengan mapel Bahasa Inggris.

Selain berhadapan dengan soal writing, tes listening menjadi bagian cukup menyita konsentrasi berpikir mereka. Meski mereka berharap soal listening yang dikeluarkan Kemendiknas tahun ini tidak lebih sulit dari soal-soal listening yang pernah mereka dapatkan selama latihan, namun harapan itu seolah-olah tak terjawab. Dari 15 soal yang ada, mereka rata-rata hanya dapat menjawab 5 butir soal.

Hal itu seperti yang diungkapkan Joko Aji S. seusai mengikuti ujian mapel Bahasa Inggris. “Lebih sulit yang asli daripada saat latihan, Kak.” Ujar Joko menanggapi tes listening yang baru saja diikutinya. Tidak hanya Joko, beberapa temannya juga mengungkapkan hal yang senada. “Biasanya, kalau pas latihan, speaker-nya terdengar nyaring. Tapi, kali ini agak kurang jelas,” kata M. Abil Mawahib. Abil menambahkan, faktor kegugupan yang menjadikan ia kurang berkonsentrasi menghadapi ujian listening. “Agak gugup sehingga kurang konsen,” tambah Abil.

Seusai listening, tes writing dilanjutkan dengan menyisakan sebanyak 35 butir soal pilihan ganda.

Memasuki  jam kedua, siswa program IPA melanjutkan ujian pada mapel Fisika, sedangkan program IPS berhadapan dengan mapel Ekonomi. Kedua mapel tersebut rampung pukul 13.00 WIB.

Secara umum, pelaksanaan UN di hari kedua tidak jauh berbeda dengan hari sebelumnya. Tidak ada kendala yang berarti selama penyelenggaraan UN.

Pada kesempatan itu,Aiptu Sudarno dan Aiptu Djoko Setiono, dua perwira polisi dari jajaran Polsek Pecangaan untuk kali kedua melakukan kunjungan ke MAMH Troso. Kunjungan mereka dimaksudkan untuk memantau kelancaran UN yang digelar di MAMH Troso. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 17 April 2012 15:17
Hakcipta © 2015 MA Matholi'ul Huda Troso.