Masuk

Besok, Pesta Demokrasi di MAMH Troso

Troso, MAMHTROSO.COM – Besok pagi (1/05), siswa MA Matholi’ul Huda Troso akan menggelar perhelatan akbar yang bertajuk Pemilu 2012. Kegiatan tersebut berupa pemilihan Ketua Osis dan Pradana (pemimpin ambalan) untuk masa jabatan 2012/2013. Kegiatan ini bertujuan sebagai pembelajaran proses berdemokrasi kepada siswa sejak dini.

Meskipun bertujuan pembelajaran, penyelenggaraan pemilu ini bukan berarti hanya ecek-ecek. Layaknya pemilu sungguhan, komisi pemilihan umum yang bertugas menangani pesta demokrasi ini telah merancang prosedur operasi standar, mulai dari pendaftaran calon, persiapan logistik pemilu, kampanye tim sukses, pemungutan suara, hingga penetapan pemimpin terpilih. Selain itu, pemilu ini akan digelar secara langsung. Artinya, seluruh siswa akan dapat menyalurkan suaranya tanpa melalui perwakilan.

Pada pesta demokrasi ini, sedikitnya ada tiga kursi jabatan yang akan diperebutkan oleh enam calon. Jabatan tersebut meliputi ketua Osis, Pradana putra, dan Pradana putri. Seluruh calon yang bersaing berasal dari kelas XI.

Alvin Iqbal R.A. akan bersaing dengan Fathul Anam menuju puncak pimpinan Osis. Sementara itu, Tri Bowo K. dan Iwan Awaludin Y. akan bersaing pada pencalonan Pradana putra. Sedangkan dua calon lainnya, Lia Listiana dan Alyana Aisya akan menjadi ‘seteru’ pada pencalonan Pradana putri.

Rata-rata, setiap calon menyatakan sanggup untuk melanjutkan estafet kepemimpinan apabila mereka terpilih. Seperti yang diungkapkan Tri Bowo pada MAMHTROSO.COM seusai penetepan namanya menjadi kandidat Pradana putra. “saya siap jika memang terpilih (menjadi pradana putra-red),” kata Tri Bowo. Senada dengan Tri, Fathul Anam yang menjadi kandidat ketua Osis tersebut menyatakan siap menjadi pentolan di Osis. Mereka juga telah merancang visi dan misi yang digunakan sebagai materi kampanye untuk menarik simpati dari para siswa. Kampanye rencananya akan digelar beberapa saat sebelum pemungutan suara berlangsung.

Pembina Osis Noor Ubaidillah, S.Pd.I. menyatakan, pemilu ini menjadi media pembelajaran bagi seluruh siswa yang notabene akan menjadi pemilih pemula pada pemilu legislatif maupun eksekutif. Atas dasar itulah, jelas Ubaidillah, proses pemilu di MAMH Troso tahun ini akan disamakan dengan proses pemilu yang sesungguhnya.

Untuk kali pertama, MAMH Troso menggelar pemilu dengan sistem layaknya pemilu sungguhan. Sebanyak 430-an siswa akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan ketua Osis dan pradana baru menggantikan pimpinan yang lama. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Senin, 30 April 2012 18:02

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.