Masuk

Ujian Kenaikan Kelas 2012

Suasana UKK di ruang 03Troso, MAMHTROSO.COM – Siswa kelas X dan XI MA Matholi’ul Huda Troso sejak Senin (04/05/2012) kemarin menghadapi Ujian Kenaikan Kelas (UKK) tahun pelajaran 2011/2012. Ujian ini digelar sebagai bahan evaluasi layak tidaknya mereka memasuki jenjang kelas yang lebih tinggi. Ujian ini rencananya akan berlangsung hingga 12 Juni mendatang.

Setiap harinya, rata-rata siswa mengerjakan dua mapel. Mapel yang diujikan nyaris sama, meliputi Matematika, Quran Hadits, Bahasa Indonesia, PKn, Aqidah Akhlak, Fiqih, Bahasa Arab, Sejarah dan Bahasa Inggris. Bagi siswa kelas XI IPA ditambah Kimia, Biologi, dan Fisika, siswa kelas XI IPS ditambah Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi. Sedangkan siswa kelas X ditambah dengan seluruh mapel yang diujikan seperti siswa program IPA dan IPS.

Bagi siswa kelas X, hasil yang diperoleh pada UKK kali ini akan menjadi sangat berarti. Pasalnya, dari nilai-nilai yang didapatkan tersebut, nantinya akan dijadikan sebagai patokan program apa yang akan diikuti di jenjang selanjutnya. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Tata Usaha Mustain kepada MAMHTROSO.COM kemarin (05/05/2012). Lebih lanjut Mustain menjelaskan, siswa yang lebih unggul pada pelajaran ilmu alam semisal Biologi, Fisika, dan Kimia, kemungkinan besar siswa dapat mengikuti program IPA pada saat memasuki kelas XI. Begitu pula bagi siswa kelas X yang lebih menonjol pada pelajaran ilmu sosial semisal Geografi, Sosiologi, dan Ekonomi, siswa tersebut dapat mengikuti program IPS. Meski demikian, hasil UKK tersebut tidak mutlak menjadi penentu. Siswa masih diberi kebebasan untuk memilih program yang diminati. Hal itu dimaksudkan agar siswa lebih tersalurkan minatnya.

Bagi siswa kelas XI, tampaknya tidak akan banyak pilihan selain harus berserius pada program penjurusan yang telah diikuti. Hal itu dikarenakan apabila sudah memasuki kelas XII, mereka tidak bisa berpindah jurusan.

Diharapkan, hasil UKK tahun ini dapat lebih baik dari tahun sebelumnya. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Kamis, 07 Juni 2012 07:42

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.