Masuk

Penghujung Tahun Pelajaran, Class Meeting Digelar

Turnamen Futsal.Troso, MAMHTROSO.COM – Memasuki penghujung tahun pelajaran 2011-2012, Osis MA Matholi’ul Huda Troso Jepara menggelar lomba antar kelas yang bertajuk Class Meeting 2012. Kegiatan ini sekaligus menjadi rangkaian kegiatan siswa seusai Ujian Kenaikan Kelas (UKK). Kegiatan yang digelar sejak Rabu (13/06/2012) hingga Ahad (24/06/2012) tersebut juga dibarengkan dengan peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad 1433 H.


Menurut Ketua Panitia Noor Arif, Class Meeting digelar bersamaan peringatan Isra Miraj lantaran padatnya jadwal kemadrasahan. “Terpaksa diadakan bersamaan, sebab di madrasah banyak kegiatan yang menyita waktu, seperti Semesteran (UKK) dan persiapan pentas siswa kelas XII,” ujar Arif. Meski demikian, panitia kegiatan mencoba memberikan sentuhan islami pada mata lomba yang ada. “kami mengadakan lomba Nada dan Dakwah, sesuai saran kepala madrasah,” jelasnya.

Beberapa mata lomba yang dipertandingan meliputi Futsal, lomba egrang beregu, lomba hasta karya, lomba nada, dan lomba dakwah.

Kegiatan Class Meeting diawali dengan penyisihan futsal di halaman madrasah. Aura persaingan antarkelas begitu kentara sejak babak penyisihan berlangsung. Setiap tim berjuang keras untuk dapat menembus partai final yang digelar pada Ahad (24/06/2012). Lantaran menggunakan sistem gugur, setiap tim hanya mempunyai sekali kesempatan untuk dapat berlaga di level atasnya.

Selama pertandingan, permainan didominasi oleh tim dari siswa kelas XI. Meski tim tangguh dari kelas XII juga turun dalam pertandingan ini, toh nyatanya mereka harus mengakui ketangguhan adik-adik kelasnya. Seperti yang dialami skuad dari kelas XII IPS-2 yang merupakan pemenang turnamen pada musim Class Meeting Semester Gasal lalu. Perjalanan tim yang diperkuat oleh Muzakki dkk tersebut terjegal pada babak perempat final saat dijamu XI IPS-1, Selasa (19/06/2012).

Selain futsal, lomba egrang beregu juga digelar. Setiap kelas mengirimkan dua perwakilan untuk berlaga. Lomba dengan sistem turnamen ini terbilang cukup unik. Pasalnya, selain beradu cepat berlari menggunakan alat egrang. Kontestan juga diberi rintangan yang cukup rumit. Setelah berlari menempuh jarak yang lumayan jauh, peserta harus secepat mungkin turun dari egrang dan segera mengumpulkan sejumlah koin dari dalam nampan bertepung. Koin yang telah berhasil dikumpulkan kemudian diberikan kepada rekannya untuk dibawa menuju suatu titik dengan menggunakan karung. Sesampainya di titik tersebut, rintangan yang harus dihadapi ‘pemain pengganti’ tersebut adalah memakan kerupuk yang tergantung di seutas tali.

Lomba yang tidak kalah menarik adalah hasta karya. Lomba ini benar-benar menguji daya kreasi siswa. Berbagai karya unik berbahan dasar kardus bekas berhasil dibuat oleh para peserta lomba dalam durasi waktu dua jam. Karya yang dibuat mulai dari boneka Danbo, miniatur mobil, miniatur alat tenun, layang-layang naga, hingga rumah hamster. Kreativitas siswa cukup membuat tiga juri merasa kebingungan menentukan siapa yang layak menjadi juara.

Lomba Nada dan Dakwah menjadi lomba yang cukup dielu-elukan oleh warga madrasah. Setiap kelas mengirimkan dua peserta, yang masing-masing mendapatkan tugas: juru dakwah dan penyanyi. Konsep lomba yang digelar pada Kamis (21/06/2012) ini dibuat menjadi dua sesi penampilan. Pada sesi pertama, salah seorang perwakilan menyampaikan pidato di atas panggung selama lima menit. Materi yang disampaikan seputar keagamaan. Setelah rampung, giliran perwakilan lain untuk menyanyikan lagu dengan diiringi oleh Emha Band.

Persiapan lomba ini terbilang cukup matang, terutama pada lomba nada. Dua minggu sebelum lomba digelar, para penyanyi diberi kesempatan untuk latihan di studio musik kepunyaan MAMH Troso. Lagu yang dinyanyikan berdasarkan undian yang telah ditentukan sebelum latihan berlangsung.

Class Meeting berakhir pada hari Ahad (24/06/2012). Pada hari terakhir, putaran final futsal dan egrang beregu digelar. Selepas itu, panitia mengumumkan para pemenang lomba sekaligus pembagian hadiah.

Partisipasi Siswa Kelas XII

Perhelatan Class Meeting tahun ini terasa berbeda dari tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari animo peserta lomba. Jika pada tahun sebelumnya, siswa kelas XII sudah ‘pensiun’ dari ajang bergengsi tersebut, namun hal itu tidak terjadi di tahun pelajaran 2011-2012. Siswa level akhir tersebut malah menyatakan kesanggupann bertanding dengan adik-adik kelasnya.

Meski tidak seluruhnya, partisipasi siswa kelas XII ini terasa spesial bagi mereka. Seperti yang diujarkan Ahmad Feri pada kesempatan yang berbeda, “kami masih ingin bertanding sebelum meninggalkan madrasah”.

Mata lomba yang diikuti meliputi futsal, egrang beregu, nada, dan dakwah. (aaf)

Ini Dia, daftar juara Class Meeting 2012

Lomba Egrang Putra: 10 E (I), 11 IPS-1 (II), 10 B (III)

Lomba Egrang Putri: 11 IPA-1 (I), 11 IPS-1 (II), 10 E (III)

Lomba Hasta Karya: 10 E (I), 10 D (II), 11 IPA-1 (III)

Lomba Nada: 11 IPS-1 (I), 11 IPA-1 (II), 12 IPA (III)

Lomba Dakwah: 11 IPS-2 (1), 10 E (II), 10 D (III)

Lomba Futsal: 11 IPS-1 (I), 11 IPA-1 (II), 11 IPS-2 (III)

Top Scorer: Agus Waluyo (11 IPA-1)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 29 Juni 2012 19:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.