Masuk

Pembagian Kelas Awali Tahun Pelajaran Baru

Suasana sebelum pembagian kelas.Troso, MAMHTROSO.COM – Proses Belajar Mengajar (PBM) di MA Matholi’ul Huda Troso telah memasuki babak baru. Pagi ini (16/07/2012), pembukaan Tahun Pelajaran 2012/2013 ditandai dengan pembagian rombongan belajar alias pembagian ruang kelas untuk seluruh siswa. Kegiatan ini sebagai salah satu persiapan awal sebelum PBM mulai digelar pada awal Ramadan mendatang.

Pada tahun ini, madrasah mengalokasikan 14 rombel, dengan perincian 5 lokal untuk siswa kelas X, 5 lokal untuk kelas XI, dan 4 lokal sisanya untuk kelas XII. Jumlah tersebut dua lokal lebih banyak dari tahun lalu yang hanya sebanyak 12 rombel saja. Penambahan jumlah rombel ini terkait dengan meningkatnya jumlah siswa baru tahun pelajaran ini.

Waka Kesiswaan Noor Ubaidillah yang memimpin acara ini mengungkapkan, pembagian rombel kelas X didasarkan pada pemerataan jumlah siswa berdasarkan asal madrasah. Selain itu, pembagian kelas juga didasarkan pada pemerataan jenis kelamin siswa. Hingga berita ini dilansir, jumlah siswa baru yang terdaftar oleh panitia Penerimaan Siswa Baru ada sebanyak 199 orang dengan perincian 76 siswa putra dan 123 siswa putri. Rata-rata, setiap kelas dihuni oleh 38 orang.

Adanya program penjurusan bagi siswa kelas XI menjadikan penentuan rombel kelas ini sedikit berbeda dengan kelas di bawahnya. Siswa dipilah berdasarkan perolehan nilai mata pelajaran ilmu eksak dari nilai hasil belajar semester kedua tahun ajaran sebelumnya. “Penentuan kelas XI didasarkan pada nilai pelajaran eksak seperti Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, maupun Geografi,” ungkap Noor Ubaidillah.  Namun bila dihadapkan pada kenyataan nilai yang ada, lanjutnya, mayoritas siswa putra belum memenuhi standar untuk mengikuti program penjurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk menyikapinya, madrasah memberlakukan sistem pemerataan, khususnya untuk siswa putra. “kami menetapkan range agar antara IPA dan IPS seimbang,” jelasnya.

Selain berdasarkan nilai mapel eksak dan pemerataan, madrasah juga menggunakan angket sebagai pertimbangan penentuan rombel kelas XI. Angket yang dibagikan kepada seluruh siswa kelas XI sehari sebelumnya tersebut berisi program penjurusan yang dapat dipilih oleh siswa. Dari angket itu dapat diketahui minat siswa pada suatu program sehingga madrasah dapat menentukan kebijakan selanjutnya.

Program penjurusan yang disediakan madrasah untuk siswa kelas XI meliputi program IPA sebanyak dua kelas dan program IPS sebanyak tiga kelas.

Bagi siswa kelas XII, tidak banyak kriteria yang diterapkan. Mereka hanya melanjutkan program penjurusan yang telah diikutinya ketika masih duduk di bangku kelas XI. Mereka terkelompok ke dalam dua kelas IPA dan dua kelas IPS.

Seusai pembagian kelas berlangsung, siswa kelas X melakukan daftar ulang di ruang kelas masing-masing.

Agenda padat

Berbagai agenda yang cukup padat telah dipersiapkan madrasah menyambut awal tahun pelajaran baru ini. Agenda tersebut disampaikan oleh Kamad sebelum acara pembagian kelas digelar.

Di depan ribuan siswa MTs dan MAMH Troso, Kamad menjelaskan satu per satu acara yang wajib diikuti oleh siswa hingga menjelang libur awal Ramadan mendatang. Ada dua kegiatan inti yang akan dilaksanakan pada hari Selasa (17/07/2012), yaitu khatmul quran dan pembentukan struktur kepengurusan kelas. Kegiatan kemadrasahan akan dilangsungkan pada Rabu (18/07/2012). Rencananya, kegiatan tersebut digelar lesehan di halaman madrasah. Terakhir, madrasah akan menggelar salah Dhuha dan sujud syukur berjamaah pada Kamis (19/07/2012). (aaf)

Terakhir diperbarui pada Rabu, 18 Juli 2012 06:21

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.