Masuk

Alhamdulillah, Ribuan Paket Zakat Tersalurkan

Troso, MAMHTROSO.COM – Pagi ini (15/08/2012), Panitia Penerimaan Zakat Fitrah MTs dan MA Matholi’ul Huda Troso menyalurkan sedikitnya 1.038 paket beras kepada para mustahik atau orang yang berhak menerima zakat. Pendistribusian hasil zakat yang telah dikumpulkan dari siswa sejak awal Agustus lalu tersebut melibatkan puluhan anggota panitia yang dibentuk Osis dari masing-masing lembaga.

“Total kita mendapatkan 1.038 paket beras, terdiri atas 443 dari MA dan 595 dari MTs, dan semuanya kita bagikan pagi ini bersama teman-teman,” tutur Tri Bowo Krismawanto, salah satu anggota amil zakat Osis MAMH Troso saat ditemui di aula madrasah, pagi tadi.

Lebih lanjut, Bowo menjelaskan wilayah mana saja yang dijadikan jujugan pendistribusian zakat fitrah. “Untuk para mustahik di wilayah Troso Insyaallah hampir seluruhnya mendapatkan. Sowan Lor, Ngeling, Karangrandu, dan Pecangaan juga kami jangkau,” katanya.

Acara pendistribusian zakat berlangsung mulai pagi hingga siang. Untuk mempercepat mobilitas, sejumlah kendaraan bermotor roda dikerahkan. “Secara sukarela, setiap anggota yang punya motor, bisa dipakai untuk mendistribusikan zakat ke tempat yang sudah ditentukan,” tuturnya.

Seperti tahun sebelumnya, penyaluran zakat sengaja digelar bersamaan. Menurut Pembina Osis MTs MH Troso Agus Siswanto, hal itu bertujuan untuk pemerataan dan menghindari penerima zakat ganda. Meski begitu, tambahnya, pembagian kepada penerima diserahkan sepenuhnya kepada tokoh masyarakat yang ada di wilayah tersebut. “Kita tinggal naruh beberapa paket beras di setiap RT atau RW. Soal pembagian kepada penerimanya, kita serahkan sepenuhnya kepada ketua RT atau RW yang bersangkutan,” terangnya. Cara seperti itu, menurutnya, lebih efektif dan banyak menghemat waktu. “Tidak perlu repot-repot mendatangi rumah per rumah warga, karena kita sudah minta bantuan kepada ketua RT atau RW,” jelasnya.

Buka Bersama

Seusai pembagian zakat kepada para mustahik, acara dilanjutkan dengan khatmul quran dan buka bersama di sore harinya. Selain sejumlah anggota amil, beberapa wakil kepala madrsah juga diundang dalam acara tersebut, di antaranya waka kurikulum, waka kesiswaan, serta waka sarpras.

Menurut Ketua Osis MAMH Troso Fatkhul Anam, acara yang digelar tahunan tersebut dimaksudkan sebagai jamuan atas kerja keras panitia zakat selama beberapa minggu terakhir ini. “Sedikit penghargaan kepada teman-teman yang telah berjuang, mulai dari penarikan hingga pendistribusian zakat,” terang Fatkhul Anam kepada MAMHTROSO.com seusai acara.

Anam menerangkan, seluruh pendanaan bersumber dari anggaran Osis yang telah disediakan madrasah. “Soal dana buka bersama, seluruhnya diambilkan dari kas Osis yang dikelola madrasah. Kita tinggal buat proposal dan diajukan ke madrasah,” katanya.

Acara diawali dengan pembacaan al-Qur’an 30 juz, diikuti tahlil, serta dipungkasi dengan berbuka bersama. (aaf)



Terakhir diperbarui pada Sabtu, 03 November 2012 00:47

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.