Masuk

Genjot Latihan, Pasang Target Juara

Troso, MAMHTROSO.com – Jelang perhelatan Lomba Senam Lalu Lintas dan Lomba Cerdas Cermat tingkat kabupaten yang bakal digelar di markas Polres Jepara pada pertengahan Oktober mendatang, kontingen MA Matholi’ul Huda Troso terus menggenjot latihan untuk penuhi target sapu bersih gelar juara.

Target tersebut dipasang lantaran kontingen ini sebelumnya pernah dua kali gagal menyabet juara pertama pada tahun 2010 dan 2011. Mereka hanya puas pada urutan kedua.

Danang Fardian, salah seorang pelatih mengungkapkan, ada dua mata lomba yang bakal diikuti skuad MAMH Troso. “Sama dengan tahun lalu, kita mengirimkan tim senam dan cerkas saja. Kalau Lomba Duta Lalu Lintas, kita absen,” ungkapnya. Untuk menyiapkan kedua lomba tersebut, terang Danang, pihaknya bersama tim pelatih lain telah menjaring sejumlah 18 siswa melalui seleksi yang cukup ketat. “Kita memilih berdasarkan postur tubuh, kemampuan kognitif dan psikomotorik, serta pengalaman,” paparnya. Khusus kriteria terakhir, pihaknya lebih memprioritaskan siswa kelas XI. “Mereka lebih banyak jam terbangnya ketimbang siswa kelas X,” tambahnya.

Danang menambahkan, target yang dipatok tersebut tidaklah berlebihan. Pasalnya, selain sudah pernah merasakan aura perlombaan sejenis, pihaknya telah menggarisbawahi beberapa kesalahan yang dilakukan tahun sebelumnya. “Di lomba senam, gerakan harus lebih dinamis, begitu juga musik pengiringnya. Kalau cerkas memang mengandalkan kemampuan otak dan kecepatan berpikir,”

Ditanya soal durasi latihan, Danang belum bisa memastikan kapan dilakukan penambahan durasi. “Selama ini latihannya setelah pulang sekolah sampai sore. Namun kalau mendekati hari H, biasanya dimulai dari pagi. Tapi waktunya belum tahu kapan. Kita masih menunggu instruksi dari madrasah,” jelasnya.

Dari pantauan MAMHTROSO.com di lokasi latihan, kemarin (24/09/2012), 15 anggota yang tergabung dalam skuad lomba senam sudah memasuki materi pengembangan berupa gerakan variasi dan formasi. Tiga orang sisanya ditugasi melahap materi-materi seputar kelalulintasan yang bersumber dari buku maupun internet. (aaf)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.