Masuk

Ini Dia, Para Peserta Lomba Dekorasi Kelas

Troso, MAMHTROSO.com – Lomba antarkelas yang bertajuk Lomba Dekorasi dan Kebersihan Kelas, pada Sabtu (03/11/2012) lalu telah memasuki tahap penjurian. Setiap kelas yang berpartisipasi dalam lomba ini telah berupaya keras untuk mendapatkan predikat kelas terbaik.



Teknis pelaksanaan lomba dekorasi kelas tahun ini tak jauh berbeda dengan lomba sejenis di tahun lalu. Setiap kelas yang mengikuti lomba ini diwajibkan menyertakan tema karya. Namun bedanya, tahun ini terasa penuh dengan nuansa baru yang belum pernah ditampilkan kelas-kelas sebelumnya. Berikut ulasan singkatnya.

- XA, Perumahan


Tema yang diangkat siswa kelas XA sebenarnya tidak ada yang istimewa. Pasalnya, tema serupa sudah pernah diangkat di tahun sebelumnya. Meski demikian, para kreator mencoba memberikan sentuhan unik. Hal itu terlihat dari hasil karya yang dibuat berupa gatehouse alias gerbang berukuran besar.

- XB, Dunia Maya


Mengawali statusnya sebagai pelajar sekolah menengah atas, siswa kelas XB mencoba tampil beda. Dengan mengandalkan inspirasi dari dunia maya, kelas ini dipermak sedemikian rupa sehingga suasana dalam kelas ini seolah-olah berada di dunia maya. Ikon yang ditampilkan berupa logo mesin peramban alias browser yang cukup terkenal dan beberapa ikon jejaring sosial.

- XC, Google


Senada dengan kelas sebelumnya, siswa kelas XC menjatuhkan pilihannya pada kelas gaya teknologi yang bertajuk Google. Seperti namanya, hiasan utama berupa logo mesin pencari Google.

Meski demikian, pemberian nama tema kelas ini terasa kurang pas lantaran tidak hanya Google saja yang diangkat, melainkan juga sejumlah layanan di internet, semacam Blogger, Twitter, Yahoo, dan sejenisnya.

- XD, Angry Bird


Ide bisa muncul dari mana saja, bahkan dari sebuah game sekalipun. Kelas XD contohnya. Para kreator kelas ini mengambil inspirasi dari game Angry Bird. Mulai dari desain karakter, tipografi, hingga pewarnaan, semuanya disamakan dengan permainan yang sedang digandrungi seantero jagad ini. Identitas utama yang diandalkan kelas ini berupa karakter burung pemarah yang sedang menjebol dinding kastil.

- XE, The Rainbow


Keindahan pelangi menjadi tema utama yang diangkat siswa kelas XE. Lukisan pelangi mendominasi di sisi depan dan belakang kelas ini. Sayangnya, eksplorasi tema kurang mengena sehingga terkesan asal jadi.

- XI IPA-1, Peradaban Mesir Kuno


Tema dekorasi yang diangkat siswa kelas XI IPA-1 terbilang cukup unik. Sebuah miniatur yang menggambarkan masa peradaban Mesir Kuno terpajang apik di setiap sisi ruang kelas ini. Beberapa model artefak khas negeri firaun ini dibuat dengan cukup detail. Sebut saja patung manusia berkepala singa alias sphinx, patung Ramses dan piramida.

- XI IPA-2, Metropolitan


Daya imajinasi siswa kelas XI IPA-2 tidak boleh dipandang sebelah mata. Sebab, untuk kali pertama, para kreator kelas ini mencoba mengangkat tema yang sama sekali baru. Lanskap kota metropolitan memenuhi seisi ruang di tembok belakang. Namun, cukup disayangkan. Pasalnya, karya digarap kurang serius sehingga tidak menampilkan kesan suasana kota metropolitan yang sesungguhnya.

- XI IPS-1, Arsitektur Bangunan Islam di Jawa


Jika kelas XI IPA-1 tampil dengan Mesir Kuno-nya, kelas XI IPS-1 justru mengangkat kebudayaan sendiri. Ya, tema bangunan Islam zaman walisongo yang ditampilkan. Miniatur bangunan-bangunan kuno menjadi ciri khas baru kelas ini, mulai dari menara Kudus, Gapura Mantingan, Masjid Agung Demak, hingga Masjid Al-Aqsa Kudus.

- XI IPS-2, Indonesia Menata


Tema cinta tanah air nampaknya masih menarik untuk diangkat. Buktinya, kelas XI IPS-2 melakukannya. Siswa dari kelas ini berani mengecat warna tembok menjadi merah putih untuk mendalami tema. Sayang, keberanian mereka dalam berekspresi kurang terlihat. Selain pewarnaan yang berani, tidak ada lagi karya yang cukup wah dari kelas ini.

- XI IPS-3, Anti-Korupsi


Jika ada pertanyaan kelas manakah yang paling berani menyuarakan semangat anti korupsi, maka kelas XI IPS-3 lah jawabannya. Seisi kelas ini hampir dipenuhi dengan selentingan pedas yang diarahkan kepada para bandit kerah putih. Dukungan pada KPK dituangkan dalam bentuk karikatur cicak kontra buaya.

- XII IPA-1, The Kingdom of Bird


Kreatif, begitu kesan yang pertama muncul saat memasuki ruang kelas XII IPA-1. Hanya bermodalkan inspirasi dari selembar sampul buku tulis, para kreator mengembangkan imajinasinya yang dituangkan dalam tema The Kingdom of Bird. Berbagai karakter burung lengkap dengan diorama alam menghiasi setiap sisi ruangan. Setiap karya digarap dengan cukup teliti dan hati-hati. Kekurangannya, mereka kurang memperhatikan proporsi penempatan objek.

- XII IPA-2, Ornamen Budaya Jawa


Kelas XII IPA-2mengangkat tema tentang nilai adiluhung budaya Jawa. Berbagai ornamen ukir dan batik khas Jawa memenuhi seisi ruang kelas ini. Di belakang, para kreator menambahkan gebyok gaya Jawa.

- XII IPS-1, Laut


Suasana keindahan laut menjadi tema utama kelas XII IPS-1. Berbagai hiasan yang dibuat oleh siswa kelas ini cukup mengena dengan tema. Perpaduan warna dan tata letak yang menawan menjadi senjata utama kelas ini untuk bersaing dengan kelas lainnya.

- XII IPS-2, Indonesiaku


Kelas XII IPS-2 menjadi kelas ketiga yang mengangkat tema Indonesia. Namun bila dibandingkan dengan kelas yang bertema sama, kelas XII IPS-2 nampak lebih berwarna. Hal terlihat dari banyaknya hiasan yang Indonesia banget. Para kreator mencoba membuat patung Bung Karno yang sedang memberi penghormatan. (aaf)


Terakhir diperbarui pada Selasa, 27 November 2012 08:22

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.