Masuk

MAMH Troso Rutinkan Baca 3 Surat Quran Pilihan

Troso, MAMHTROSO.com – Upaya untuk ‘membumikan’ al-quran di MA Matholi’ul Huda Troso terus dilakukan. Setelah yasinan yang sudah berjalan cukup lama, kini madrasah itu menambah rutinitas baru berupa pembacaan surat Ar-Rahman, Al-Waqiah, dan Al-Mulk secara bergantian.

Kegiatan tersebut melengkapi sederetan daftar  program quraniyah harian siswa selain khatmul quran klasikal yang dilaksanakan setiap hari.

Pembimbing qiraatul quran H. Musthofa Kamal mengungkapkan, kegiatan pembacaan 3 surat populer tersebut dikandung maksud untuk memberi nilai plus bagi alumni madrasah itu saat sudah meninggalkan almamaternya. “Harapannya, alumni sini (MAMH Troso) bisa lancar di luar kepala, syukur-syukur bisa hapal,” terang H. Musthofa seusai proses rekaman. “Apalagi faedah dari ketiga surat tadi sangat banyak, utamanya memohon kemudahan dalam menuntut ilmu, keselamatan kepada Allah, dan kemudahan rizki” imbuhnya.

H. Musthofa menambahkan, teknis pembacaan 3 surat pilihan itu tidak jauh beda seperti pada saat yasinan. “Semua siswa dan guru membaca surat yang dimaksud bersama-sama, sambil menirukan bacaan yang telah kira rekam ini,” kata H. Musthofa. “Untuk kecepatan bacaannya, kita pakai yang tartil (tempo pelan). Kalau sudah memungkinkan, nanti akan kita coba tadwir (sedang), dan kalau sudah benar-benar lancar, nanti pakai pakai hadar seperti saat khataman,” terangnya.

Selain itu, lanjut H. Musthofa, pembacaan 3 surat itu dilaksanakan setiap hari seusai istirahat pertama secara bergantian. “Kegiatan ini menggantikan tashrifan yang biasanya dilafalkan setiap akhir istirahat pertamam. Tapi, karena masih tahap uji coba, untuk sekarang sampai beberapa minggu, kita baca surat Ar-Rahman dulu, berikutnya ganti surat Al-Waqiah, lalu Al-Mulk,” jelasnya.

Tidak hanya di unit madrasah aliyah saja, di satuan madrasah tsanawiyah, misalnya. Secara serentak, seluruh warga MTs MH Troso juga mengikuti program baca al-quran ini. “Targetnya hampir sama dengan yang aliyah, agar seluruh siswa terbiasa dengan bacaan-bacaan al-quran. Kalau sudah terbiasa, harapannya mereka bisa setengah hapal atau bahkan bisa hapal,” terang Waka Kesiswaan MTs MH Troso, Agus Siswanto. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 12 Januari 2013 13:41

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.