Masuk

Wakil Ketua YPI MH Troso Tutup Usia

Troso, MAMHTROSO.com – Awan duka menyelimuti Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Matholi’ul Huda Troso. Wakil Ketua Yayasan H. Ali Asyhar tutup usia pada Jumat (18/01/2013) malam. H. Ali Asyhar menghembuskan nafas terakhir setelah cukup lama berjuang melawan penyakit yang dideritanya.

H. Ali Asyhar yang meninggal di usia ke-65 tahun itu merupakan salah satu tokoh penggagas berdirinya lembaga pendidikan MTs dan MA Matholi’ul Huda Troso.

Kabar meninggalnya pemimpin yayasan itu tentu menyisakan duka yang mendalam bagi keluarganya. Terlihat dari isak tangis yang masih akrab di wajah istri dan anak-anaknya, meski sudah hampir sehari kepergiannya.

Kesedihan itu tidak terkecuali juga dirasakan warga madrasah di bawah naungan YPI MH Troso. “Kita turut berbela sungkawa atas meninggalnya Bapak H. Ali Asyhar, karena beliau termasuk orang yang berjasa bagi kemajuan yayasan ini,” ujar Waka Humas MAMH, H. Musthofa Kamal, memberikan testimoni tentang almarhum. Pada kesempatan itu, ribuan pentakziyah dari MTs dan MAMH Troso turut hadir memberikan penghormatan terakhir di rumah duka. “Almarhum meninggal lantaran sakit. Semoga lewat itu, almarhum bisa mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah,” harap Kamal yang diamini oleh seluruh pentakziyah.

Seusai memanjatkan doa, agenda takziyah itu diakhiri dengan pemberian tali asih. Sumbangan diserahkan oleh Kamad MAMH Troso kepada istri almarhum.

Semasa hidupnya, H. Ali Asyhar tergolong orang yang aktif di banyak bidang. Selain berkecimpung di dunia pendidikan, ia juga termasuk taipan yang memiliki reputasi cukup tinggi. Lewat usaha tenun yang digelutinya, ia turut andil dalam menguatkan citra desa Troso sebagai desa tenun ikat yang memiliki pamor hingga ke mancanegara.

Ia berhasil merintis usaha tenun yang diberi nama Tunas Harapan. Tidak hanya untuk dirinya sendiri, jiwa enterpreneur juga ditularkan kepada anak-anaknya.

Kegigihannya dalam berbisnis boleh jadi menjadi alasan dirinya dipilih sebagai ketua Paguyuban Tenun Troso, sebuah koperasi yang menjadi wadah bagi para pengusaha tenun di desa tersebut.

H. Ali Asyhar juga memiliki catatan karir politik. Ia pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Jepara pada periode 2004-2009. Dirinya terpilih sebagai wakil rakyat dari fraksi PKB setelah berhasil memenangi pemilu legislatif tahun 2004 silam. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 20 Januari 2013 08:21

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.