Masuk

Target Juara Umum, Terpenuhi di TKP VIII UMK Kudus

Troso, MAMHTROSO.com – Target MA Matholi’ul Huda Troso menjuarai lomba Temu Karya Penegak (TKP) VIII 2013, akhirnya terpenuhi. Tim sangga putri perutusan madrasah ini didaulat sebagai peraih juara umum setelah berhasil mengungguli 22 sangga lainnya, dengan mengoleksi 12 poin.

MAMH Troso sendiri menjadi pendatang baru pada ajang kepramukaan tingkat penegak se-Bina Wilayah (Binwil) Pati itu. TKP diadakan oleh Racana Whira Shima UMK Kudus sejak Jumat hingga Ahad (15-17/02/2013) lalu. Lomba dilangsungkan di sekitar kampus.

Kemenangan yang diraih sangga ambalan Fatmawati itu patut dibanggakan. Pasalnya, untuk dapat memboyong trofi bergilir rektor UMK Kudus itu, bukan perkara yang mudah. Aura persaingan antar-sangga memang cukup ketat selama kompetisi. Sedikitnya ada 9 jenis giat prestasi yang dilombakan, meliputi Lomba Cepat Tangkas Pramuka (LCTP), Orienteering Games (OG), Wide Games (GW), Lomba Poster, Teknologi Tepat Guna (TTG), Lomba Baris-Berbaris (LBB), Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Lomba K3, dan Lomba Karaoke. Persaingan semakin sengit lantaran sebagian besar lomba digelar secara lintas satuan. Dengan kata lain, sangga putri tidak hanya bersaing dengan sangga putri saja, tetapi juga harus bersaing dengan sangga putra. Selain persaingan antar-sangga, faktor cuaca juga cukup menyulitkan. Lantaran bertempat di areal terbuka, mereka hampir tidak pernah luput dari guyuran hujan selama kompetisi digelar.

Hingga acara berakhir, Yuni Wahyuningsih dkk berhasil meraih juara pertama lomba OG, juara pertama LBB, juara pertama Lomba karaoke, juara kedua K3, dan juara ketiga WG.

Sebenarnya, Gudep MAMH Troso juga mendelegasikan sangga putra pada ajang itu. Namun sayangnya, prestasi yang ditorehkan Tri Bowo Krismawanto dkk tidak semoncer sangga putri. Sangga ambalan Setia Budi itu hanya puas pada peringkat keempat dengan membukukan 6 poin saja. Sangga ini meraih juara pertama LBB, juara kedua WG, dan juara ketiga Lomba Poster.

Selain kegiatan prestasi, TKP VIII juga diisi dengan berbagai kegiatan non-lomba, semisal kegiatan bakti, persaudaraan, dan kegiatan wawasan. TKP VIII mengambil tema konservasi lingkungan. Tidak heran bila hampir seluruh kegiatannya berorientasi pada kepedulian terhadap lingkungan.

TKP VIII diikuti oleh 23 sangga dari berbagai wilayah di Binwil Pati. MAMH Troso menjadi satu-satunya kontingen asal Kwarcab Jepara yang berpartisipasi dalam ajang ini.

Jalannya Kegiatan

Seusai upacara pembukaan di hari pertama (15/02/2013), 3 lomba langsung digelar secara bersamaan. Pada penyisihan LCTP, Sangga putra mengirimkan Eizlan, Alfin, dan Kamal, sementara Lisa, Salsa, dan Latifah mewakili sangga putri. Kedua tim berhasil melaju ke babak semifinal dengan mulus.

Pada lomba TTG, tim putra menampilkan pembuatan komposter, alat pengolah sampah menjadi kompos cair. Tim ini berhasil memukau juri lantaran memiliki nilai guna yang cukup aplikatif, tak heran tim ini berhasil meraih peringkat kedua pada lomba daur ulang sampah ini. Sementara itu, tim putri yang mencoba memanfaatkan sampah kulit pisang menjadi energi alternatif belum bisa memenuhi kriteria juri untuk dapat memenangi lomba.

Pada lomba poster, MAMH Troso mendelegasikan Jamal dan Rida. Mereka beradu kreatif dengan peserta lain dalam menggambar. Lewat poster berjudul “The Earth is Calling You”, Jamal berhasil menyumbangkan 1 poin untuk sangganya. Ia menyabet juara ketiga pada lomba tersebut.

Malam harinya, lomba duet karaoke digelar. Dalam lomba ini, sangga putri yang diwakili Yuni dan Rida berhasil menempati peringkat teratas. Mereka membawakan lagu Heal the World yang pernah dipopulerkan oleh Raja Pop Michael Jackson. Lomba ini berlangsung kurang maksimal lantaran terjadi kesalahan teknis pada sistem pengeras suara.

Pada hari kedua (16/02/2013), acara TKP semakin semarak. Sedikitnya 5 jenis lomba digelar di hari itu. Pada semifinal LCTP, dua tim dari MAMH Troso harus beradu pintar dan cepat dengan 8 semifinalis lain. Hingga akhir perlombaan, Eizlan berhasil melaju ke babak final.

Lomba ketangkasan dan kecerdasan bertajuk Wide Games cukup menyita perhatian dari seluruh peserta lomba ini. Sedikitnya ada 6 pos yang harus mereka lalui untuk dapat menyelesaikan permainan. Rida dan Khotijah yang mewakili sangga putri berhasil meraih posisi ketiga pada lomba ini.

Dari sekian banyak lomba yang ada, mungkin Orienteering Games-lah yang paling melelelahkan sekaligus membutuhkan pemahaman navigasi yang baik. Dalam lomba ini, setiap peserta harus pandai dalam membaca peta. Mereka diharuskan mencari poin sebanyak-banyaknya pada titik-titik yang telah ditentukan dalam durasi waktu sejam. Sehari sebelum lomba, para peserta dikarantina di suatu tempat dan harus bertahan dengan bekal seadanya.

OG rencananya digelar di sekitar lereng gunung Muria. Namun lantaran terkendala cuaca, lomba ini akhirnya dialihkan di daerah dekat kampus, dengan medan yang cukup menantang. Esti dan Biela berhasil menunjukkan ketajamannya dalam urusan navigasi peta, dan berhasil meraih peringkat pertama.

Pada LKTI, seluruh peserta diharuskan mempresentasikan karya tulis yang telah dibuat sebelum lomba berlangsung. Sama seperti lomba-lomba lain, karya tulis yang dibuat harus berkaitan dengan konservasi alam. Kendati sudah berusaha maksimal, Bowo dan Yuni belum bisa menyumbangkan poin untuk sangganya.

Selain kegiatan lomba, malam terakhir juga diisi dengan kegiatan persahabatan. Dalam acara yang berpusat di auditorium kampus itu, beberapa peserta menampilkan pentas seni untuk menghibur peserta lainnya. Acara itu bertujuan untuk menjalin keakraban antara peserta, dan ofisial kegiatan.

Kegiatan lomba berlanjut pada hari terakhir (17/02/2013). Eizlan yang menjadi satu-satunya wakil sangga putra harus berjuang keras pada final LCTP. Menghadapi 4 finalis lain, Eizlan mendapatkan kesempatan 3 babak untuk mendulang nilai. Sayangnya perjuangannya masih dapat dipatahkan oleh peserta lain sehingga ia belum bisa memboyong tropi lomba tersebut.

Gagal di final LCTP tidak serta-merta membuat patah arang. Pada lomba terakhir, semangat tim LBB MAMH Troso menggelora. Mereka tampil dengan cukup meyakinkan. Sangga putra yang dinahkodai oleh Mujab berhasil meraih juara pertama pada lomba kedisiplinan itu. Senada, tim LBB putri yang dikomandani oleh Yuni juga berhasil meraih kemenangan gemilang pada lomba yang sama. (aaf)


Terakhir diperbarui pada Rabu, 20 Februari 2013 09:37

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.