Masuk

PUB Berikutnya Bakal Beda dari Sebelumnya

Troso, MAMHTROSO.com – Pekan Ulangan Bersama (PUB) sebentar lagi akan kembali digelar pada minggu ketiga Maret mendatang. Namun, evaluasi belajar ala MA Matholi’ul Huda Troso itu bakal berbeda dari konsep PUB terdahulu. Seperti apa perbedaannya? Berikut ulasannya.

Menurut surat edaran yang ditujukan kepada wali siswa, Kamis (28/02/2013) lalu, jadwal PUB jilid 2 itu tidak lagi sepadat sebelumnya. Per harinya, siswa cukup mengerjakan 3 jenis mata pelajaran (mapel) dengan durasi 40 menit per mapel. Padahal sebelumnya, siswa harus berjibaku dengan 5 mapel dalam sehari.

Lantaran hanya sedikit mapel yang dihadapi dalam sehari, kegiatan pembelajaran pun tetap dilanjutkan seusai PUB. Di sisa waktu yang ada, PBM dimulai pada jam ke-5 hingga jam ke-8.

Terkait dengan perubahan konsep penjadwalan PUB, sejatinya ada alasan yang mendasarinya. Seperti yang pernah diungkap Kepala MAMH Troso, beberapa waktu lalu. Menurutnya, jadwal PUB terdahulu diakuinya memang cukup memberi beban pikiran pada siswa. Kamad menyimpulkan, praktik kecurangan yang terjadi selama tes berlangsung boleh jadi adalah bentuk jalan pintas yang ditempuh siswa untuk menyiasati banyaknya mapel yang harus dipelajari dalam kurun waktu yang cukup singkat.

Kendati demikian, pelaksanaan tes yang rencananya digelar mulai Kamis hingga Selasa (21-26/03/2013) itu sebagian besar masih mengadopsi prosedur lama. Tes ini diikuti oleh siswa kelas X dan XI, dengan materi ujian berupa seluruh mapel minus TIK, Penjaskes, dan muatan lokal. Setiap soal dibuat oleh guru mapel yang bersangkutan.

Rata-rata, setiap mapel diujikan sebanyak 10 butir soal essay. Khusus pelajaran eksak, jumlah soal yang dikerjakan lebih sedikit, yaitu hanya 5 butir soal saja.

Untuk mempermudah pemetaan belajar, siswa sebelumnya telah diberi sejumlah bank soal yang terkait dengan soal yang bakal keluar dalam ujian.

Seperti pada pemberitaan sebelumnya, PUB dimaksudkan sebagai pengganti ulangan harian konvensional di MAMH Troso. Hasil tes ini nantinya berfungsi sebagai pengganti nilai ulangan harian.

Siswa Kelas XII Ujian Lebih Awal

Sementara itu, siswa kelas XII dipastikan bakal menghadapi Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) dan Ujian Madrasah lebih awal dari yang dijadwalkan sebelumnya.

Rencananya, Ujian Madrasah bakal digelar dalam dua tahap, yakni pada tanggal 14-16 Maret mendatang untuk tahap pertama, dan mulai 21-23 Maret untuk tahap kedua. Sedianya, Ujian Madrasah direncanakan digelar pada 18-23 Maret dalam satu tahapan.

Senada, UAMBN juga dimajukan pelaksanaanya. UAMBN bakal digelar pada 18-20 Maret, seminggu lebih awal dari yang direncanakan sebelumnya, yakni pada tanggal 25-27 Maret.

Tidak hanya soal perubahan waktu, sistem pengawasan pada UAMBN pun berubah. Pada pelaksanaannya nanti terapkan sistem pengawasan silang dalam lingkup Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 01 Jepara. Padahal rencana awalnya, ujian tersebut rencananya cukup diawasi oleh guru dari madrasah sendiri.

Berdasarkan keterangan dari Kamad MAMH Troso, perubahan ini terbilang mendadak. "Kemarin ada pemberitahuan bahwa jadwal Ujian Madrasah dan UAMBN berubah," ungkap Kamad. Mengenai alasannya, Kamad menerangkan, "Kemungkinan karena adanya Kasi Supervisi dan Evaluasi baru di Kanwil (Jateng-red) sana. Dari hasil rakor menyepakati dimajukannya Ujian Madrasah dan UAMBN. Namun untuk alasan pastinya, kita tidak terlalu paham. Sebab kita hanya menerima dalam bentuk jadi (perubahan itu-red)".

Lantaran ada perubahan mendadak, madrasah harus menyiapkan ulang segala kelengkapan administrasi untuk kedua ujian tulis itu. "Tentunya harus diubah, seperti jadwal pengawasan, dan lainnya," kata Kepala Tata Usaha Mustain saat dihubungi MAMHTROSO.com. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Senin, 04 Maret 2013 08:42

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.