Masuk

152 Siswa Ikuti Ujian Madrasah

Troso, MAMHTROSO.com – Sebanyak 152 siswa kelas XII MA Matholi’ul Huda Troso mengikuti Ujian Madrasah (UM), kemarin (14/03/2013). Ujian ini dijadwalkan bakal berlangsung hingga 23 Maret mendatang.

UM menjadi salah satu rangkaian instrumen penentu kelulusan siswa tingkat akhir selain Ujian Nasional (UN) yang akan digelar serentak pada 15 April mendatang.

Sejumlah siswa yang mengikuti ujian ini terbagi 8 ruangan, di mana setiap ruangnya rata-rata diisi 20 siswa.

Tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan tahun sebelumnya, dalam UM kali ini diujikan seluruh mata pelajaran umum, meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, Pendidikan Kewarganegaraan, TIK, Matematika, Sejarah, dan Penjasorkes. Khusus siswa program IPA, ada tambahan Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan bagi siswa program IPS, diujikan pula Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.

Sistem pengawasan yang diterapkan dalam UM kali ini dilakukan oleh guru dari madrasah ini sendiri. Setiap ruangnya diawasi oleh seorang pengawas yang berbeda di setiap mapel selama ujian berlangsung.

Berdasarkan pantauan MAMHTROSO.com, pelaksanaan UM di hari pertama berjalan cukup aman dan tertib. Banyak siswa mengaku tidak menemukan kesulitan yang berarti saat menghadapi mapel Bahasa Indonesia dan PKn di hari pertama. “Alhamdulillah, kalau Bahasa Indonesia dan PKn tidak terlalu sulit. Yang agak menegangkan adalah besok pagi karena pelajarannya adalah Fisika,” Ujar Yan Ade Kurniawan, siswa kelas XII IPA-2 seusai mengikuti ujian. “Hari ini masih mudah, besok mungkin akan sedikit sulit,  yaitu Fisika, soalnya banyak hitung-hitungannya,” kata Miftahul Umam, siswa kelas XII IPA-1.

Pelaksanaan UM kali ini digelar dengan sistem yang sedikit berbeda dari sebelumnya. UM kali ini dilaksanakan dalam dua tahap yaitu mulai 14-16 Maret untuk tahap pertama, dan mulai 21-23 Maret untuk tahap kedua, berbeda dengan sistem tahun lalu di mana UM dilaksanakan dalam satu tahap.

Sejatinya, UM tahun ini dilaksanakan lebih awal dari rencana awal lantaran terjadi perubahan jadwal dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Pusat. UM pada awalnya baru dilaksanakan pada 18 mendatang.

UAMBN di Sela-Sela UM

Di sela-sela pelaksanaan UM, panitia berencana menggelar Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN). Ujian ini bakal digelar selama 3 hari berturut-turut, dimulai pada Senin (18/03/2013) mendatang. Dalam UAMBN nanti, sebanyak 4 mapel agama (PAI) plus Bahasa Arab bakal diujikan. Keempat mapel agama itu meliputi Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam.

Namun, ada yang sedikit berbeda dengan pelaksanaan tahun lalu. Pada pelaksanaan UAMBN kali ini bakal menerapkan sistem pengawasan silang dalam lingkup Kelompok Kerja Madrasah Aliyah (KKMA) 1 Jepara.

UAMBN kali ini juga dilaksanakan sepekan lebih dini dari rencana awal. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Jumat, 15 Maret 2013 09:35

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.