Masuk

Jelang UAMBN, Warga Kantor Berbenah

Troso, MAMHTROSO.com – Sehari menjelang pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN), sejumlah tenaga tata usaha MA Matholi’ul Huda Troso pun berbenah. Mereka menata ulang ruang kantor madrasah yang sehari-hari biasa mereka tempati untuk bekerja.


Maklum saja, ruangan itu sebentar lagi akan berfungsi ganda. Selain untuk  tempat kerja seperti biasanya, ruangan berukuran 11 x 10 meter itu sedianya bakal dijadikan sebagai sekretariat dan ruang pengawas UAMBN. Ujian itu sendiri rencananya akan digelar selama tiga hari, mulai besok (18/03/2013) hingga Rabu.

Persiapan semacam ini sejatinya tidak terlalu berlebihan. Pasalnya, madrasah ini bakal kedatangan sejumlah guru dari beberapa madrasah di lingkungan KKMA 01 Jepara. Mereka ditugaskan untuk menjadi pengawas selama ujian berlangsung. “Kalau tidak halangan, besok pagi akan ada 16 pengawas datang ke sini. Mereka berasal dari madrasah-madrsah yang ikut KKMA 01,” kata Mustain kepada MAMHTROSO.com di sela penataan ruang.

Menurut kepala bidang Tata Usaha MAMH Troso itu, untuk kali pertama madrasah ini menggunakan sistem pengawasan silang pada UAMBN. “Untuk UAMBN tahun ini agak berbeda dari biasanya. Kalau dulu cukup diawasi guru kita sendiri, tapi tahun ini kita diwajibkan mengikuti model pengawasan silang,” jelasnya. Kebijakan pengawasan baru itu, lanjut Mustain, disepakati dalam rapat koordinasi antarkepala MA yang tergabung dalam KKMA 01 Jepara.

Lantaran bakal kedatangan ‘tamu’, madrasah pun berbenah untuk menyambut mereka. Padahal, penataan ruangan semacam ini biasanya baru dilakukan menjelang pelaksanaan Ujian Nasional. “Paling tidak, kita telah menyiapkan tempat yang bersih dan nyaman bagi mereka. Nanti pada saat Ujian Nasional kita sudah tidak perlu lagi angkat-angkat meja atau membersihkan trofi, karena sudah dilakukan sekarang,” ujar Mustain.

Kegiatan resik-resik kantor itu dimulai sejak pagi hingga siang hari. Sedikitnya sebanyak 5 orang terlibat. Mereka membagi tugas, mulai merapikan meja, hingga membersihkan trofi.

Seperti diberitakan sebelumnya, UAMBN yang akan digelar di MAMH Troso untuk tahun ini tidak sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Sistem pengawasan ujian tidak lagi diawasi oleh guru dari madrasah ini sendiri, melainkan dilakukan oleh guru-guru dari madrasah lain.

Dalam UAMBN nanti, ada 5 jenis mata pelajaran yang bakal diujikan, 4 di antaranya meliputi mata pelajaran PAI, yang meliputi Al-Qur’an Hadits, Aqidah Akhlak, Fikih, dan Sejarah Kebudayaan Islam. Sementara satu mata pelajaran sisanya adalah Bahasa Arab.

Menurut Mustain, UAMBN dilaksanakan untuk mengukur pendidikan agama yang telah diajarkan di MA, mengukur pengajaran guru-guru di MA, dan mengukur pengamalan ilmu agama di madrasah.

UAMBN bagi siswa madrasah ini telah digelar dalam tiga tahun terakhir, yakni mulai tahun pelajaran 2010/2011, 2011/2012, dan 2012/2013. Untuk tahun ini, UAMBN diikuti oleh 152 siswa kelas XII, terdiri dari 73 siswa program IPA, dan 79 lainnya dari  program IPS.

Selain itu, soal UAMBN dibuat oleh Kementerian Agama pusat dan percetakannya diserahkan kepada masing-masing provinsi. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Senin, 18 Maret 2013 12:32

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.