Masuk

Digelar, Pekan Ulangan Bersama Jilid Dua

Troso, MAMHTROSO.com – Pagi ini (25/03/2013), evaluasi belajar bertajuk Pekan Ulangan Bersama (PUB) kembali digelar di MA Matholi’ul Huda Troso. Ujian yang diikuti oleh tidak kurang dari 350 siswa kelas X dan XI itu digelar untuk kali kedua sejak tahun ajaran 2012/2013 dimulai.


Seperti sebelumnya, PUB dimaksudkan menjadi alternatif evaluasi belajar pengganti sistem ulangan harian konvensional.

Pada pelaksanaan PUB jilid dua ini, diujikan sebanyak 15 mata pelajaran untuk siswa kelas X, serta 13 mata pelajaran untuk siswa kelas XI. Seluruh mata pelajaran itu bakal diujikan hingga Sabtu (29/03/2013) mendatang. PUB digelar mulai jam pelajaran pertama hingga keempat.

Kepala Tata MAMH Troso, Mustain mengungkapkan, PUB yang diadakan kali ini berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Menurutnya, mata pelajaran yang diujikan setiap harinya lebih sedikit ketimbang pada PUB tahap pertama. “Mereka (siswa) mengerjakan 3 jenis mata pelajaran per hari. Kalau dulu, kan sampai 5 jenis,” ungkapnya saat dihubungi MAMHTROSO.com, kemarin.

Lebih lanjut diungkapkan, lantaran waktu yang digunakan untuk PUB lebih singkat, Proses Belajar-Mengajar (PBM) dapat dilanjutkan seusai PUB. “Setelah PUB, Diterapkan jam belajar normal, dimulai jam ke-5 hingga ke-8,” jelasnya.

Mustain menambahkan, soal-soal yang diujikan dalam PUB seluruhnya dibuat oleh guru mata  pelajaran yang bersangkutan. Sementara untuk jumlahnya disesuaikan dengan jenis mapelnya. “Kalau pelajaran yang tidak menggunakan hitungan, jumlahnya sebanyak 10 soal essay. Sedangkan untuk pelajaran yang menghitung, seperti Matematika, Fisika, atau Kimia, jumlahnya lebih sedikit, yaitu 5 soal essay,” paparnya. “Dari soal-soal itu, setiap guru mapel membuat bank soal atau kisi-kisi yang berkaitan. Diharapkan dengan adanya bank soal dapat mempermudah pemetaan belajar siswa,” tambahnya.

Siswa Lebih Senang dengan PUB Model Baru

Diberitakan sebelumnya, PUB tahap kedua ini sudah direncanakan bakal berbeda dari sebelumnya. Selain jumlah mapel yang diujikan lebih longgar, PBM pun masih dapat digelar seusai ujian. Diharapkan, proses pembelajaran dapat berlangsung lebih efektif.

Berbagai tanggapan positif dilontarkan siswa MAMH Troso seusai PUB di hari pertama. Kebanyakan dari mereka mengaku senang dengan PUB model baru itu. Pasalnya, mereka tidak lagi terporsir konsentrasinya pada PUB saja. “Sekarang lebih santai dari sebelumnya. Dulu sampai seharian penuh, mulai jam 7 sampai jam 12 siang. Tapi sekarang cukup sampai jam 10,” ujar Aulia Novianggi seusai PUB.

Meski masih harus melanjutkan pelajaran seusai PUB, namun siswi kelas XI IPA-1 itu mengaku tidak terlalu terbebani, seperti pada saat PUB sebelumnya. “Iya, kalau dulu, saya harus muter­-muter 5 mata pelajaran semalaman untuk mempersiapkan PUB keesokan harinya, kalau sekarang cukup fokus di 3 mapel saja,” ungkap Aulia.

Demikian halnya dengan Fahmi Sahal. Rekan sekelas Aulia itu juga mengaku lebih nyantai dengan PUB format baru. (aaf)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.