Masuk

H-1 UN, Distribusi Soal di Subrayon 02 Beres

Pecangaan, MAMHTROSO.com – Ribuan naskah soal Ujian Nasional (UN) tingkat menengah atas dan kejuruan se-Subrayon 02 Jepara sudah selesai didistribusikan di H-1 UN, Ahad pagi (14/04/2013). Soal itu nantinya akan dibagikan kepada 1.706 siswa SMA/MA di wilayah ini.

Pendistribusian soal disaksikan tim pengawas independen UN, serta sejumlah kepala sekolah dan staf perutusan dari 20 sekolah anggota Subrayon ini.

Seluruh soal yang didistribusikan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Jepara itu selanjutnya diperiksa oleh masing-masing perutusan untuk memastikan jumlah paket untuk setiap sekolah.

Ketua Subrayon 02 Hartono mengatakan, prosedur pengecekan paket soal UN tahun ini berbeda dari sebelumnya. “Seluruh paket soal tertata rapi di dalam boks kardus, dan tidak diperkenankan untuk membongkarnya sekarang,” kata Hartono. Paket soal, lanjut Hartono, dikelompokkan berdasarkan jenis mata pelajaran dan program penjurusan. “Untuk Program IPA berlabel warna merah, IPS berwarna kuning, dan Program Bahasa menggunakan warna biru,” tambah Hartono.

Lantaran tidak diperbolehkan untuk membongkar paket soal, Hartono mengingatkan kepada setiap sekolah agar bertindak cekatan jika terjadi kekurangan jumlah paket soal. “Kami harapkan setiap sekolah aktif untuk memberitahu kepada Subrayon apabila terjadi kekurangan jumlah paket soal, saat kardus dibuka besok (hari ini-red),” ujar Hartono.

Lebih lanjut Hartono mengatakan, para petugas pengambil paket soal diharapkan datang ke sekretariat Subrayon 02 lebih pagi dari jadwal semestinya. “Pendistribusian soal ke sekolah akan memakan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, kami harapkan kepada petugas untuk datang ke posko lebih awal, sekitar pukul 05.30 WIB,” kata Hartono.

Di Kabupaten Jepara tercatat ada sebanyak 6 subrayon penyelenggara UN. Subrayon 02 sendiri beranggotakan 20 SMA dan MA, baik yang berstatus Negeri maupun Swasta, termasuk MA Matholi’ul Huda Troso.

Madrasah ini mengikutsertakan sebanyak 152 siswa tingkat akhir pada UN yang rencananya bakal digelar hari ini (15/04/2013) hingga Kamis (18/04/2013) itu. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Senin, 15 April 2013 07:32

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.