Masuk

Tahun Ini, Pentas Seni Bakal Lebih Beragam

Troso, MAMHTROSO.com – Acara perpisahan siswa kelas 12 di MA Matholi’ul Huda Troso selalu saja menyuguhkan sesuatu yang berbeda di setiap tahunnya. Jika tahun lalu angkatan yang dipenggawai Ega Fans Dinar cs itu mampu mementaskan berbagai atraksi seni yang belum pernah dipentaskan sebelumnya, maka para siswa tingkat akhir tahun ini bakal menyajikan pentas seni yang lebih beragam.

Sebanyak belasan karya seni telah dicanangkan bakal dipentaskan oleh siswa kelas 12 pada perhelatan acara inagurasi bertajuk Perpisahan dan Panggung Gembira, yang rencananya digelar pada Juni mendatang. Selain tampil dengan karya-karya lama, mereka juga ingin mencoba menghentak penonton lewat sederet pertunjukan yang belum pernah ditampilkan di madrasah ini sebelumnya.

“Ada sekitar 17 jenis pementasan yang sudah kita sepakati,” ungkap Tri Bowo Krismawanto kepada MAMHTROSO.com, pagi tadi (23/04/2013). Siswa kelas 12 IPA-2 yang juga didaulat menjadi ketua panitia acara tahunan itu menjelaskan perihal mata acara pementasan seusai menggelar rapat koordinasi, dua hari sebelumnya.

Dijelaskan oleh Bowo, dari keseluruhan pentas yang direncanakan, setidaknya ada 6 jenis penampilan yang fresh from the oven alias masih gres. “Ada pentas wayang orang, standup comedy, tari persembahan dari Palembang, tari kolaborasi, demonstrasi pencak silat, serta musik parodi,” papar Bowo. Selebihnya, tambah Bowo, jenis pementasan masih mengacu seperti acara tahun sebelumnya. “Pentas yang lain-lain masih sama seperti tahun lalu, misalnya paduan suara, drama kabaret, dance, dan sebagainya,” papar Bowo.

Kendati sudah ditetapkan, ragam pementasan masih dapat berubah sewaktu-waktu. “Kita lihat perkembangan, apabila dalam perjalanannya kok latihannya terlalu sulit, maka nanti bisa dihilangkan. Tapi tidak menutup kemungkinan masih ada tambahan karya-karya baru,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, sejumlah koordinator pementasan masih berupaya menyusun materi yang bakal ditampilkan. “Awalnya kita hanya menentukan pentasnya ini, ini, ini. Selanjutnya para koordinator nanti akan menyusun seperti apa materinya. Misalnya, pentas wayang orang. Koordinator menentukan tema cerita, tokoh, serta unsur-unsur lain yang dibutuhkan dalam wayang orang,” papar Bowo. “Sampai sekarang masih dalam tahap pengonsepan,” tambah Bowo.

Selain itu, Bowo meminta kerjasama seluruh elemen terkait agar pementasan dapat berjalan sesuai rencana. “Karena acaranya nanti melibatkan banyak pihak, saya mengharap agar semuanya dapat saling kerjasama, baik dari panitia, teman-teman, serta pihak madrasah. Sebab, kami masih membutuhkan bimbingan untuk ini,” pungkas Bowo.

Ini dia, daftar jenis pementasan yang bakal ditampilkan anak-anak siswa kelas 12 pada perpisahan tahun ini:

1. Teater Kabaret

2. Campursari

3. Dance

4. Pantomim

5. Teaterikal Puisi

6. Paduan Suara

7. Drama

8. Musik Pop

9. Musik Dangdut

10. Musik Parodi

11. Rebana

12. Wayang Orang

13. Tari Persembahan

14. Standup Comedy

15. Demonstrasi Pencak Silat

16. Demonstrasi Taekwondo

17. Tari Kolaborasi


Terakhir diperbarui pada Selasa, 23 April 2013 13:03

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.