Masuk

Usai Liburan, Siswa Kelas 12 Mulai Berlatih Pentas Seni

Troso, MAMHTROSO.com – Setelah lebih dari sepekan menikmati liburan pasca Ujian Nasional (UN), siswa kelas 12 MA Matholi’ul Huda Troso kembali memulai aktivitasnya di madrasah, Senin lalu (29/04/2013).

Namun, mereka kini tidak lagi mengikuti proses belajar-mengajar layaknya hari-hari biasa, melainkan tengah menyiapkan acara inagurasi akhir tahun bertajuk perpisahan dan panggung gembira. Berbagai aktivitas latihan pementasan pun mulai terlihat di kampus madrasah ini.

Wakil ketua panitia acara perpisahan Jamaluddin Taufiq, saat ditemui MAMHTROSO.com baru-baru ini, mengatakan, latihan dimulai bertepatan dengan hari pertama siswa tingkat akhir itu masuk sekolah pasca liburan. “Hari ini pertama kali kita latihan persiapan pentas perpisahan,” ujarnya.

Lebih lanjut Jamal mengatakan, latihan ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat yang diadakan sejumlah panitia, beberapa hari sebelumnya. Dalam rapat itu diputuskan, kata Jamal, siswa kelas 12 angkatan tahun ini bakal mementaskan lusinan jenis atraksi seni. “Nanti ada banyak pentas yang sebagian besar adalah kebudayaan Indonesia,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Tri Bowo Krismawanto menambahkan, plotting tugas untuk setiap siswa telah ditentukan saat rapat berlangsung.  “Setiap siswa nanti akan seluruhnya terlibat dalam kegiatan pentas, termasuk juga jadwal latihannya. Untuk pembagian tugas diserahkan kepada setiap koordinator acara,” tutur Bowo. “Latihan akan dilakukan per kelompok sesuai dengan pementasan masing-masing,” tambahnya.

Kendatipun demikian, belum banyak tim yang berlatih di hari pertama. Terlihat, hanya satu kelompok rebana saja yang sudah latihan di aula MAMH Troso. “Baru rebana yang bisa mulai latihan. Soalnya, anggota tim ini rata-rata sudah menguasai teknik bermain rebana,” kata Bowo. “Untuk kelompok-kelompok lain umumnya masih menyusun ide sehingga belum bisa latihan,” lanjutnya.

Diharapkan, seluruh tim yang akan tampil sudah dapat merampungkan latihannya seminggu sebelum pentas digelar. “Kalau bisa seminggu sebelum perpisahan dilaksanakan, teman-teman sudah clear latihannya. Maksudnya, sisa waktu seminggu bisa kita gunakan untuk menyiapkan panggung dan berbagai kostum yang dibutuhkan,” imbuh Bowo.

Perpisahan siswa kelas 12 menjadi agenda tahunan di MAMH Troso. Selain diisi ceramah kemadrasahan, acara ini juga kerap diisi dengan sajian pentas seni dari siswa. Pada perhelatan tahun ini, pentas rencananya akan diadakan pada medio Juni. (aaf)

Terakhir diperbarui pada Sabtu, 04 Mei 2013 00:55

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.