Masuk

Hari Ini, Pekan Ulangan Bersama Kembali Digelar

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso kembali menggelar Pekan Ulangan Bersama (PUB), hari ini (18/5/2013). Evaluasi hasil belajar gaya MA MH Troso yang menggantikan ulangan harian konvensional itu diikuti oleh lebih dari 300 siswa dari kelas X dan XI.

Senada dengan pelaksanaan PUB sebelumnya, dalam PUB kali ini diujikan sebanyak 15 mata pelajaran untuk siswa kelas X, serta 13 mata pelajaran untuk siswa kelas XI. PUB edisi ketiga dan terakhir di tahun pelajaran 2012/2013 ini rencananya akan dilangsungkan hingga Kamis (23/5/2013).

Dalam pelaksanaannya, PUB digelar di sela-sela proses belajar-mengajar (PBM). PUB dilangsungkan mulai jam pertama hingga jam keempat atau sekitar pukul 10.00 WIB. Setelah itu, siswa kembali mengikuti PBM normal mulai jam kelima hingga kedelapan.

Dalam sehari, rata-rata siswa mengerjakan 2-3 mata pelajaran dengan kuantitas butir soal yang berbeda. Untuk mata pelajaran non-eksak, soal yang diujikan sebanyak 10 butir dengan alokasi waktu mengerjakan selama 40 menit. Sementara untuk mata pelajaran eksak, jumlah soal yang dikeluarkan lebih sedikit, yakni sebanyak 5 butir soal dengan durasi waktu mengerjakan selama 60 menit. Seluruh soal dibuat oleh guru masing-masing mata pelajaran.

Untuk mempermudah siswa dalam pemetaan belajar menghadapi PUB, mereka sebelumnya telah diberi bank soal yang terkait dengan materi yang bakal diujikan. Biasanya, mereka menerima bank soal sepekan sebelum PUB dimulai.

Setelah PUB, Berlanjut UKK

Selain dijadikan sebagai bahan evaluasi hasil belajar, PUB kali ini juga dimaksudkan untuk ancang-ancang sebelum Ulangan Kenaikan Kelas (UKK). UKK rencananya akan digelar pada 3-12 Juni mendatang.

Evaluasi ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan MA MH Troso untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa di setiap akhir semester genap. Cakupan ulangan meliputi seluruh Kompetensi Dasar (KD) setiap mata pelajaran wajib di semester genap, serta sebagian KD di semester ganjil. (aaf)

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.