Masuk

Penjaringan Paskibra, 25 Siswa MA MH Troso Ikuti Seleksi

Troso, MAMHTROSO.com – Menjelang peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia ke-68 tahun 2013, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Jepara menggelar seleksi pasukan pengibar bendera (paskibra) tingkat kabupaten. Seleksi tahap pertama dijadwalkan mulai Selasa (21/5/2013) hingga hari ini (28/5/2013).

Seleksi ini melibatkan ratusan siswa dari 37 sekolah tingkat menengah di wilayah Jepara, serta ditangani langsung oleh jajaran Kodim 0719 Jepara dan Polres Jepara.

“Seleksi tahap pertama ini dimaksudkan untuk menjaring siswa-siswa berpotensi dari sekolah-sekolah menengah di Jepara untuk menjadi pasukan pengibar bendera, baik di tingkat Jepara, maupun di tingkat Jawa Tengah,” kata staf Disdikpora Jepara Pujiono saat memantau jalannya seleksi calon anggota paskibra di MA Matholi’ul Huda Troso, hari ini.

MA MH Troso menurunkan sebanyak 25 siswa kelas X untuk mengikuti seleksi Paskibra tahun ini.

Lebih lanjut Pujiono menjelaskan, sejumlah siswa yang lolos penjaringan nantinya akan diseleksi ulang di tingkat kabupaten. Seleksi lanjutan itu akan menjaring sebanyak 30 siswa yang selanjutnya bakal digembleng secara intensif menjadi paskibra yang akan bertugas pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Jepara, 17 Agustus mendatang.

Selain itu, bagi siswa yang memenuhi persyaratan dapat diikutkan pada seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah. “Dari Jepara akan dikirim 2 perutusan untuk mengikuti seleksi di tingkat Provinsi Jawa Tengah,” Jelas Pujiono.

Sementara itu, Pelda Mashuri dari Kodim 0719 Jepara memberikan apresiasi positif terhadap keseriusan siswa MA MH Troso selama kegiatan seleksi berlangsung. “Sangat positif. Adik-adik terlihat bersemangat dan mempunyai disiplin yang bagus,” kata Mashuri.

Lebih lanjut dikatakan Mashuri, selain harus memiliki postur tubuh tinggi proporsional, seorang calon anggota paskibra juga dituntut mempunyai kemampuan baris-berbaris yang baik, kesehatan jasmani dan rohani, pengetahuan yang luas, serta berdisiplin tinggi.

Dari hasil seleksi di tingkat sekolah, 4 siswa MA MH Troso dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi lanjutan di tingkat Jepara yang rencananya digelar di alun-alun Kota Jepara, besok (28/5/2013). Mereka adalah Eizlan Taufiqur Rosyidin, Salsa Ukhratus Syawaliyah, Laura Chanif Delianita, dan Muhammad Andi Saputro. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Selasa, 28 Mei 2013 15:04

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.