Masuk

MA MH Troso Gulirkan Lomba Menulis Pelajar

Troso, MAMHTROSO.com – MA Matholi’ul Huda Troso Jepara menggulirkan lomba menulis untuk peserta didiknya. Kegiatan tersebut diadakan untuk memacu minat siswa dalam dunia tulis-menulis dan bersastra. Lomba rencananya akan diadakan secara rutin setiap dua pekan sekali.

Menurut Kepala Tata Usaha MA MH Troso, Mustain, lomba periode pertama diadakan mulai tanggal 26 hingga 31 Oktober 2013 dengan tema “Aktualisasi Semangat Cinta Tanah Air”. Pada periode ini, lomba dibagi menjadi tiga kategori, yaitu menulis cerita pendek, artikel, dan puisi.

Lebih lanjut, Lomba kali ini diikuti oleh beberapa siswa perutusan dari kelas yang ada di MA MH Troso. “Setiap kelas diharuskan mengirim minimal satu peserta untuk setiap jenis lomba,” jelas Mustain. Selain itu, peserta tidak diperbolehkan merangkap pada lomba lain.

Mustain memaparkan, setiap kelas awalnya hanya dibatasi mengirimkan satu perwakilan untuk satu mata lomba. Namun setelah dilakukan pendataan peserta, ternyata terjadi lonjakan jumlah peserta yang tidak diduga sebelumnya. “Setiap kelas rata-rata mengirimkan 3 sampai 5 peserta,” ungkapnya. Peningkatan tersebut, menurut Mustain, mengindikasikan besarnya antusiasme peserta mengikuti lomba itu.

Ke depannya, lanjut Mustain, panitia mencoba melombakan kategori yang lain, semisal menulis resensi buku atau film, hingga lomba mengarang lirik untuk mars madrasah.

Mustain berharap, lomba menulis semacam ini dapat menjaring bibit-bibit penulis muda berbakat untuk selanjutnya dibina dan dikembangkan. “Kalau sekarang lombanya lingkupnya baru untuk siswa-siswa kita, nantinya diharapkan bisa lintas madrasah,” pungkasnya. (Agus Ahmad Fadloli)

Terakhir diperbarui pada Minggu, 27 Oktober 2013 05:35

Berikan komentar

Pastikan Anda memasukkan informasi yang diwajibkan (*). Dilarang menggunakan kode HTML.